Cara Mengatasi HP Tidak Ada Layanan, Cukup Cek Menu Ini!

By Dok Grid, Kamis, 12 September 2024 | 11:41 WIB
HP mati karena tidak ada layanan (Freepik)

NOVA.ID - Kehadiran smartphone memang telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita.

Namun bagaimana jadinya jika HP yang kita gunakan tidak ada layanan, tentu ini bakal bikin frustasi.

Kehilangan sinyal atau pesan "Tidak Ada Layanan" pada layar HP bisa disebabkan oleh berbagai masalah, mulai dari masalah jaringan hingga pengaturan perangkat.

Sahabat NOVA tak perlu panik, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah ini.

Berikut beberapa solusi cepat dan efektif sebagai cara mengatasi HP tidak ada layanan.

1. Cek Penyebabnya

Cara pertama adalah memastikan bahwa area tempat Sahabat NOVA berada memiliki cakupan jaringan yang memadai.

Tidak ada layanan bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk gangguan sinyal atau pemadaman jaringan.

2. Aktifkan Kembali Mode Pesawat

Salah satu cara penting mengatasi HP yang tidak ada layanan adalah dengan mode pesawat.

Baca Juga: Kalau Kepencet Bisa Diteror! Begini Cara Menghilangkan Iklan Pinjol yang Muncul di HP Android

Mematikan dan kemudian mengaktifkan kembali Mode Pesawat dapat membantu menanggulangi masalah ini.

Aktifkan Mode Pesawat selama beberapa detik, kemudian matikan kembali dan lihat apakah sinyal kembali muncul.

3. Cek Pengaturan Jaringan

Pastikan Sahabat NOVA belum secara tidak sengaja mematikan jaringan seluler pada HP.

Buka "Pengaturan," lalu pilih "Seluler." Pastikan opsi "Seluler Data" telah diaktifkan.

4. Perbarui Perangkat Lunak

Periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk HP Sahabat NOVA.

Pergi ke "Pengaturan," lalu pilih "Umum" dan kemudian "Pembaruan Perangkat Lunak."

Jika ada pembaruan, instal pembaruan tersebut karena ini mungkin mengatasi bug yang menyebabkan masalah "Tidak Ada Layanan."

5. Pilih Operator Jaringan Manual

Jika HP tidak dapat menemukan jaringan secara otomatis, Sahabat NOVA dapat mencoba memilih operator jaringan secara manual.

Buka "Pengaturan," pilih "Operator," dan matikan opsi "Otomatis."

Setelah itu, HP akan mencari operator jaringan yang tersedia, lalu pilih operator yang sesuai dengan kartu SIM.

6. Bersihkan Kartu SIM

Pastikan kartu SIM Sahabat NOVA terpasang dengan benar di slotnya.

Keluarkan kartu SIM, bersihkan dengan lembut, dan pasang kembali dengan hati-hati.

7. Hubungi Operator Layanan Pelanggan

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan akun atau kartu SIM yang dimiliki.

Cobalah hubungi operator layanan pelanggan dan jelaskan masalahnya.

Mereka akan memberikan panduan lebih lanjut atau, jika diperlukan, memeriksa status akun

Pada sebagian besar kasus, masalah ini terkait dengan pengaturan perangkat atau jaringan, dan langkah-langkah di atas dapat membantu Sahabat NOVA mendapatkan kembali layanan pada HP

Jika masalah ini tetap berlanjut, jangan ragu untuk mencari bantuan dari operator layanan pelanggan atau kunjungi pusat layanan resmi.

Sebagian dari artikel ini dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI). (*)