JMFW 2024 Resmi Dibuka, Wamendag Sebut Perkembangan Industri Modest Fashion Indonesia Bakal Meningkat

By Maria Ermilinda Hayon, Jumat, 20 Oktober 2023 | 13:35 WIB
Jakarta Muslim Fashion Week diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan modest fashion dalam negeri hingga jadi kiblat modest fashion dunia. (Fachrudin AS)

NOVA.ID - Mengusung tema "Discover Indonesian Modest Fashion Excellence", JMFW 2024 diagendakan dihelat pada 19-21 Oktober 2023 dan berdampingan (back to back) dengan pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38.

TEI 2023 digelar secara hibrida yakni secara langsung di luar jaringan pada 18-22 Oktober 2023 dan secara daring dengan konsep situs web interaktif berbasis katalog elektronik hingga 18 Desember 2023.

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang, Banten dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Jerry mengaku optimistis, Indonesia dapat memainkan peran strategis dalam industri modest fashion dunia.

Untuk itu, penting bagi masing-masing komponen ekosistem modest fashion menjalankan pengembangan sesuai tugas dan fungsinya.

Hal ini dipastikan dapat mengakselerasi pertumbuhan modest fashion dalam negeri hingga akhirnya terwujud visi Indonesia sebagai salah satu kiblat modest fashion dunia.

Turut hadir Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, Direktur Jenderal Perdagangan Isy Karim, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan, dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Didid Noordiatmoko.

"Indonesia dapat memainkan peran strategis dalam industri modest fashion dunia. Untuk itu, setiap pemangku kepentingan harus mengembangkan modest fashion di Indonesia sesuai tugas dan fungsinya. Hal ini agar mengakselerasi visi Indonesia menjadi salah satu kiblat modest fashion dunia pada 2024. Artinya, setiap pihak diharapkan solid dan terus menjalin kolaborasi," tegas Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menilai, sektor modest fashion merupakan industri yang saat ini berkembang pesat dan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia harus memanfaatkan peluang ini.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah pembentukan JMFW yang telah memasuki tahun ke-3 pada 2023 ini.

"JMFW bukan sekedar sebuah pagelaran busana, tetapi juga merupakan ekosistem modest fashion yang melibatkan berbagai pihak dari hulu hingga hilir. Kita harus terus memberikan dukungan untuk mempromosikan produk-produk buatan Indonesia. Diharapkan JMFW juga dapat menjadi salah satu kontributor untuk terus mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia sehingga masyarakat Indonesia semakin cinta dan menggunakan produk Indonesia," ujar Wamendag Jerry.

Baca Juga: Ekosistem Modest Fashion Makin Berkembang, Bersiap untuk Pagelaran JMFW 2023