Program Serasi, Apresiasi Ibu Menginspirasi dari PKK & DWP Jakarta Selatan dan Teh Cap Botol

By Maria Ermilinda Hayon, Minggu, 5 November 2023 | 17:45 WIB
Teh Cap Botol ingin mengapresiasi, menghargai, dan merawat dirinya sendiri ditengah-tengah kesibukan dan rutinitas yang dijalankan. ()

NOVA.ID - Peran seorang Ibu sangat krusial di dalam sebuah keluarga.

Ibarat sebuah termometer untuk mengukur suhu di sebuah ruangan, kesehatan dan kebahagiaan sebuah keluarga sangat bisa diukur berdasarkan kesehatan dan kebahagiaan dari sosok Ibu di dalam keluarga tersebut.

Hal inilah yang mendasari Teh Cap Botol meluncurkan program Serasi yang menggandeng Pemerintah Kota Jakarta Selatan sebagai langkah awal mengajak keluarga Indonesia untuk memberikan perhatian lebih kepada peran Ibu sebagai sosok yang menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya. Acara Serasi yang digagas oleh Teh Cap Botol ini didukung secara aktif oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Essie Feransie Munjirin dengan menghadiri peluncuran Program “Serasi: Sewangi dan Sesedap Teh Cap Botol, Ibu Selalu Menginspirasi” di tanggal 1 November 2023, pukul 09:00 WIB yang bertempat di kantor Walikota Jakarta Selatan.

“Sebagai salah satu bentuk pemberdayaan terhadap wanita, kami PKK tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan memiliki visi untuk mendorong para ibu-ibu yang ada di wilayah kami terutama untuk tidak hanya mengurus keluarga di rumah saja, tapi juga bisa menjalankan inisiatif kreatif yang menginspirasi lingkungannya dalam peran mereka sebagai Ibu sehari-hari,” ujar Essie yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Selatan dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini, Essie juga menekankan bahwa sangatlah penting bagi seorang Ibu untuk memperhatikan kesehatan fisik maupun mental supaya bisa menjadi versi Ibu yang sehat dan terbaik bagi anak-anak, keluarga dan juga lingkungan disekitarnya.

Essie menambahkan kolaborasi yang sudah di jalin bersama Teh Cap Botol ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan dan diharapkan bisa semakin menyuarakan Ibu-Ibu yang inspiratif.

“Kami selaku perwakilan dari Teh Cap Botol, sangat menyadari peran penting seorang ibu di keluarga. Teh Cap Botol ingin memberikan ruang dan fokus lebih bagi para Ibu untuk bisa mengapresiasi, menghargai, dan merawat dirinya sendiri ditengah-tengah kesibukan dan rutinitas yang dijalankan.

Program Serasi ini lahir dari kerinduan kami untuk bersama-sama mengapresiasi sosok Ibu yang senantiasa menciptakan, menginspirasi, dan mewariskan nilai-nilai kebajikan bagi anak-anak, keluarga, dan juga bagi lingkungan sekitarnya,” jelas Yolanda Effendi, selaku Direktur Marketing PT. Gunung Slamat yang mewakili merek Teh Cap Botol. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Ibu Intan Erlita, seorang publik figur, psikolog dan pendiri dari Titik Putih, sebuah lembaga pelatihan psikologi dan pemberdayaan wanita.

“Apa yang ingin dicapai melalui program Serasi ini menurut saya sangat mewakili tantangan yang dihadapi oleh ibu-ibu Indonesia sehari-hari," katanya.

Baca Juga: Gandeng Arumi Bachsin, FiberCreme Bagikan 1.000 Paket Sembako kepada Masyarakat Jawa Timur yang Terdampak Covid-19 dan PSBB

Psikolog Intan Erlita menekankan bahwa tidak seperti perempuan karir yang mungkin bisa mendapatkan promosi sebagai bentuk apresiasi dari hasil kerja kerasnya, tugas seorang Ibu Rumah Tangga yang diemban selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu ini sangat minim apresiasi.

Adapun Ibu Rumah Tangga ini perannya sangat vital untuk menjaga keserasian hubungan dalam keluarga, baik terhadap anak-anak maupun suaminya.