Belajar dari Kematian Bayi Prematur Usai Sempat Dimandikan, Ini Cara Aman Mandikan Bayi Prematur

By Rahma, Kamis, 23 November 2023 | 16:03 WIB
Cara memandikan bayi prematur (Freepik)

NOVA.ID - Baru-baru ini viral di media sosial seorang bayi mungil yang terlahir prematur meninggal dunia karena penanganan klinik.

Menurut pihak keluarga, klinik tempat sang bayi dilahirkan sempat melakukan sesi foto newborn tanpa izin.

Selain itu bayi dengan berat 1,5 kilogram tersebut juga diketahui dimandikan oleh pihak klinik.

Bayi prematur berisiko mengalami hipotermia sehingga memerlukan perawatan khusus, termasuk saat memandikan si buah hati.

Saat memandikan bayi prematur, penting untuk menjaga suhu air, ruangan, dan tetap memakaikan selimut atau bedong agar tidak kedinginan.

Hipotermia atau penurunan suhu tubuh dapat terjadi pada bayi yang lahir secara prematur.

Menurut Yankes Kemkes, suhu normal bayi normal berkisar antara 36,3-36,9 derajat celsius. Jika bayi prematur memiliki suhu di bawah 36,3 derajat celsius, maka ia berisiko mengalami hipotermia.

Dilansir dari RSUP Dr Sadjito, hipotermia pada bayi prematur bisa berakibat fatal bahkan sampai kematian apabila tidak ditangani dengan efektif.

Penggunaan inkubator dan penghangat adalah metode yang biasa dilakukan di ruang rawat bayi di rumah sakit untuk terapi bayi prematur.

Setelah diperbolehkan pulang ke rumah, bayi prematur juga memerlukan perawatan yang berbeda dari biasanya agar suhu tubuhnya tetap stabil.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui orangtua yang cara memandikan bayi prematur agar si kecil tidak kedinginan dan mengalami hipotermia.

Baca Juga: Menyayat Hati, Viral Bayi Prematur 1,5 Kg Meninggal Dunia Usai Dimandikan dan Dibuat Konten Review Tanpa Izin oleh Klinik