Nyesel Baru Tahu, Coba Gosok Buah Tomat pada Telapak Tangan dan Kaki, Besok Pagi Tubuh Rasakan Perubahan Ini

By Rahma, Jumat, 15 Desember 2023 | 21:02 WIB
Ilustrasi tomat (Freepik)

 

NOVA.id - Banyak orang mengeluhkan telapak tangan dan kaki mereka sering berkeringat. Hal ini terjadi ketika kita berkeringat lebih dari biasanya karena suhu sekitar, tingkat aktivitas kita atau bahkan karena stres. Keringat berlebihan dalam istilah medis dikenal sebagai hiperhidrosis. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun, tetapi area yang paling umum adalah telapak tangan, telapak kaki, ketiak dan wajah. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat memanfaatkan 5 bahan rumahan berikut ini. 1. Cuka apel Obat rumah yang paling efektif untuk mengobati telapak tangan dan kaki yang berkeringat adalah cuka sari apel. Ia memiliki sifat astringen yang membantu mengontrol keringat berlebih dengan menjaga pori-pori tetap kencang. Buat solusi dengan mencampur 1 sendok teh cuka sari apel dan 1 sendok teh air mawar. Lalu terapkan di telapak tangan dan kaki kita. 2. Tomat

Baca Juga: Biayanya Tak Sedikit, Ini Cara Mengatasi Pengeluaran Membengkak saat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

  Sifat astringen dan pendingin pada tomat dapat membantu mengendalikan telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Tomat akan membantu mengecilkan pori-pori dan menghalangi saluran yang mengeluarkan keringat. Potong irisan tomat besar dan gosokkan di atas telapak tangan dan kaki. 3. Makanan Kaya Magnesium Kekurangan magnesium juga bisa menyebabkan telapak tangan dan kaki berkeringat. Tingkatkan asupan magnesium dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti almond, alpukat, pisang, kacang, kacang mete, walnut, dan lainnya. 4. Minyak Kelapa Minyak kelapa adalah antiperspirant yang baik yang dapat mengobati kondisi telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Keharuman yang menenangkan akan membuat tangan dan kaki kita tetap segar. Ambil sedikit minyak dan gosokkan pada tangan. Hal ini akan membantu menghentikan keringat.

Baca Juga: Bikin Mood Gak Karuan, Berikut Cara Mengatasi Kaki Pegal saat Liburan, Salah Satunya Pilih Sepatu Nyaman

  5. Lemon Lemon adalah obat rumah sederhana lain untuk mengobati telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Lemon membantu menghilangkan bakteri dan akan membuat telapak tangan dan kaki kita harum serta segar. Tambahkan perasan dari 1 lemon ke secangkir air. Rendam kain lap di dalamnya dan gosokkan di telapak tangan dan kaki kita. Biarkan selama 20 menit. Hanya dengan 5 bahan rumahan di atas kita bisa mengatasi keringat berlebih di area telapak tangan dan kaki. (*)