Kata Dokter Kulit, Ini Manfaat Minum Kolagen Bagi Kesehatan Kulit dari Flimcol

By Maria Ermilinda Hayon, Senin, 18 Desember 2023 | 16:40 WIB
Talk show “Enriching Skincare Routine for a Healthier Skin with Flimbeauty” di event Jakarta x Beauty 2023 (17/12/23). (Maria/NOVA)

 

NOVA.id - Kolagen dikenal sebagai asupan penting yang bisa menjaga dan mendukung kulit kita tetap sehat dan muda.

Mulai dari elastisitas, kelembaban ada peran kolagen di dalamnya.

Sehingga kolagen jadi salah satu struktur yang penting dalam kesehatan kulit kita.

Apalagi seiring pertambahan usia, kolagen bisa menurun jumlahnya dalam tubuh.

Sehingga, menambahkan kolagen dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari jadi amat penting. 

Memang berapa banyak konsumsi kolagen harian?

“Sebenarnya tidak ada spesifik konsumsi harian kolagen berapa, karena setiap orang berbeda-beda. Dan kolagen itu kan sebenernya enggak cuma di kulit, tapi ada di seluruh tubuh.

Kolagen ada banyak tipe, jadi pasti berbeda-beda. Kolagen paling banyak itu di kulit kita, dan kolagen yang paling di tubuh itu kolagen tipe 1. Kolagen itu ada subspesifik lagi tipe-tipe jenisnya dan tentunya kebutuhan setiap orang bebeda,” ujar dr. Arini Widodo, SM, SpDVE.

Toh, jika berbicara soal merawat kesehatan kulit, ternyata tidak cukup dari luar saja dengan menggunakan skincare, tapi juga perlu dilakukan dari dalam seperti mengonsumsi minuman kolagen secara rutin.

Minuman kolagen memang sudah banyak di pasaran dan cukup diminati oleh konsumen.

Namun, tak jarang pula calon konsumen meragukan manfaat dari minuman kolagen tersebut.

Baca Juga: Mengenal Treatment Ultheraphy, Menabung Kolagen Non Invasif Untuk Meremajakan Kulit

Di sisi lain, tidak sedikit perempuan Indonesia yang ingin memancarkan kecantikannya dari luar dan dalam, juga menjaga kesehatan kulit keseluruhan.

“Saya melihat bahwa perempuan Indonesia saat ini tidak hanya fokus menjaga berat badan saja, namun juga kesehatan kulit untuk tampil maksimal. Melihat hal ini, saya tertarik untuk mencoba berinovasi ke industri kecantikan melalui produk minuman kolagen, yang tentu saja memiliki kandungan yang baik untuk menyehatkan tubuh dan kulit,” ungkap Dennis Hadi selaku Direktur Flimgroup dalam talkshow Enriching SkincareRoutine for a Healthier Skin with Flimbeauty di Jakarta x Beauty di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (17/12/2023).

Berangkat dari visi tersebut, Dennis Hadi menciptakan Flimbeauty sebagai brand kecantikan di bawah naungan brandFlimty, dengan menghadirkan produk Flimcol.

Flimcol adalah minuman kolagen yang diformulasikan oleh expert dengan kandungan 5.000mg Marine Collagen Tripeptide dari Korea.

Dengan menggandeng dermatolog dr. Arini Widodo, SM, SpDVE, harapannya Flimcol dapat menjadi solusi untuk perempuan Indonesia yang ingin memaksimalkan perawatan kulit dari dalam.

Menurut Dermatologist, dr. Arini Widodo, SM, SpDVE, ukuran molekul kolagen sangat menentukan efektivitas kinerja kolagen terhadap tubuh.

Kolagen tripeptida yang mempunyai ukuran molekul 300-500 Dalton akan lebih cepat diserap oleh pencernaan, yang kemudian dibawa pembuluh darah untuk disebarkan ke organ tubuh seperti kulit,” papar dokter lulusan Harvard Medical School ini.

Kolagen konvensional pada umumnya memiliki molekul sebesar 2000-5000 Dalton, sedangkan Flimcol hadir dengan kolagen tripeptida yang memiliki ukuran molekul hanya 300 Dalton saja.

Ini berarti, Flimcol mampu lebih cepat dan lebih efektif diserap tubuh, tapi bagaimana soal kandungan gula di dalamnya?

“Kita juga memastikan produk ini punya kandungan gula yang rendah, kita pakai stevia yang nol kalori. Jadi, aman banget buat dikonsumsi. Apalagi, kan, ini untuk kulit, kalau gulanya berlebihan itu malah ngasih efek yang enggak bagus ke kulit,” tambah Dennis.

Jika begitu, apakah bisa dikonsumsi ibu hamil dan menyusui juga?

Baca Juga: Lima Tips Merawat Kulit Agar Tampil Lebih Muda di Usia Tua Nanti

dr. Arini mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada secara medis yang membuat konsumsi kolagen berbahaya untuk ibu hamil.

Namun, alangkah lebih baiknya penggunaan kolagen pada ibu hamil dikonsultasikan juga dengan dokter kandungannya, karena stiap ibu hamil punya kondisi yang berbeda-beda.

"Kalau dari Flimcol, seperti yang dijelaskan dr. Arini bahwa nutrition facts Filmcol itu kolesteronnya nol, lemak jenuh nol, bahkan total lemaknya juga nol. Jadi mestinya aman untuk semua," tambah Dennis.

 

Melalui talk show Enriching Skincare Routine for a HealthierSkin with Flimbeautydi event Jakarta x Beauty 2023 yang diselenggarakan tanggal 17 Desember kemarin, Dennis Hadi bersama dr. Arini Widodo, SM, SpDVE dan Shasa Zhania(Beauty Influencer) menyebarkan awareness tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, di mana salah satunya dengan mengonsumsi minuman kolagen.

“Semoga Flimcol sebagai produk pertama Flimbeauty ini bisa diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama perempuan Indonesia yang peduli dengan kesehatan kulit, baik dari luar maupun dari dalam” pungkas Dennis. (*)