Kao Indonesia Bersama Kemenparekraf RI Wujudkan Desa Wisata BERSERI

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 23 Desember 2023 | 20:35 WIB
Kegiatan Pameran dan Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) RI dihadiri oleh Naoki Yoshigai selaku Presiden Direktur Kao Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (Kao Indonesia)

NOVA.id - Kao Indonesia hadir dalam kegiatan Pameran dan Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) RI yang diselenggarakan pada Rabu, 20 Desember 2023 di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf/Baparekraf RI.

Kegiatan ini dihadiri oleh Naoki Yoshigai selaku Presiden Direktur Kao Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Serta Perwakilan 5 Desa Wisata Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE yang juga telah ditetapkan sebagai Desa Wisata Tersertifikasi SNI CHSE.

Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk ‘Meningkatkan Kualitas Hidup dan Membawa Senyum Bahagia Bagi Masyarakat Indonesia’ melalui tagline ‘Kirei Lifestyle Innovation’, Kao Indonesia secara berkelanjutan terus berinovasi melalui produk berkualitas dan layanan Perusahaan serta memastikan lifecycle assessment dalam setiap proses bisnis yang dilakukan.

Salah satu inisiatif utama yang dilakukan adalah kolaborasi dalam mewujudkan Masyarakat dan Desa BERSERI (Bersih, Sehat, dan Lestari) bersama Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan membangun fasilitas Bank Sampah di Desa Wisata.

Dalam kesempatan ini, Kao Indonesia melakukan penyerahan simbolis Dukungan Pembangunan Bank Sampah untuk mendukung Sustainable Tourism kepada Bapak Sandiaga Salahuddin Uno untuk Desa Wisata Bira Tengah, Kab. Sampang, Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Matsuki selaku Direktur BUMDES Mitra Mandiri Desa Wisata Bira Tengah.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan “Kami sangat mengapreasiasi komitmen Kao Indonesia yang mendukung pengembangan Sustainable Tourism di Desa Wisata melalui distribusi Clean and Hygiene Product Kao Indonesia, fasilitas pendukung CHSE,

serta pembangunan Bank Sampah yang harapannya dapat memberikan  nilai tambah ekonomi bagi masyarakat setempat.

Tentunya, dukungan ini dapat membantu pelaku usaha dan masyarakat di Desa Wisata sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan dan mengembangkan potensi Desa Wisata sebagai destinasi tujuan utama wisata dalam negeri serta diharapkan pada akhirnya sektor pariwisata dapat semakin bertumbuh.”

Berlandaskan Kirei Lifestyle Innovation yang menjadi tujuan jangka menengah dari inisiatif ESG (Environmental, Social, Governance), Kao Indonesia melakukan berbagai upaya untuk dapat mendukung masyarakat menjalani hidup yang berkelanjutan di lingkungan yang berkelanjutan.

Dimulai dari pemilihan bahan baku yang bertanggung jawab, proses produksi yang memperhatikan dampak lingkungan serta edukasi kepada Masyarakat dalam meningkatkan kesadaran menjalani perilaku PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan kelestarian lingkungan.

Baca Juga: Dukung Bumi dengan Cara Mengelola Sampah, Otsuka Eco Village Resmikan Bank Sampah