Mendekati Puncak Musim Hujan 2024, Begini Cara Menghilangkan WC Bau Saat Hujan

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 13 Januari 2024 | 15:05 WIB
Cara menghilangkan WC bau saat hujan ternyata bisa dengan cuma pakai garam. (Dok. iStock)

NOVA.id – Bagaimana cara menghilangkan WC bau saat hujan?

Yap, kala musim hujan tiba bukan tak mungkin saluran air got di depan rumah pun ikut penuh dan baunya masuk ke saluran ke kamar mandi rumah kita.

Apalagi menurut BMKG, sebentar lagi kita akan mencapai puncak musim hujan 2024 pada bulan Februari.

Selain itu, beberapa penyebab WC bau saat hujan adalah peningkatan kelembaban udara yang membuat bakteri dan jamur tumbuh cepat hingga bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Atau hujan lebat dapat menyebabkan genangan air atau penyumbatan saluran pembuangan.

Ini bisa mengakibatkan air kotor atau lumpur masuk ke sistem pembuangan, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri yang menghasilkan bau tidak sedap.

Selain itu, hujan dapat menyebabkan kerusakan pada atap atau bagian lain bangunan, yang mungkin mengakibatkan kebocoran air.

Air yang merembes dapat meresap ke dalam dinding atau lantai dan menciptakan lingkungan lembab yang mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan WC bau saat hujan?

Pertama pastikan saluran pembuangan air bekerja dengan baik dan tidak ada penyumbatan dan perbaiki kebocoran atau kerusakan pada atap, dinding, atau pipa.

Selanjutnya Sahabat NOVA dapat mencoba menggunakan bahan-bahan dapur sebagai alternatif untuk menghilangkan bau pada toilet saat hujan.

Baca Juga: Bersihnya Seperti Toilet Hotel, Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Sela-Sela Keramik Kamar Mandi, Cuma 3 Menit Kinclong Pakai Bahan Dapur Ini