Intip UIC Creative Showcase 2024, Upaya Anak Muda Melestarikan Terumbu Karang

By Maria Ermilinda Hayon, Selasa, 13 Februari 2024 | 17:35 WIB
UIC Creative Showcase 2024. (UIC Creative Showcase 2024.)

NOVA.id - Indonesia, dengan 18 persen terumbu karang dunia, memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa.

Sebagai negara maritim tropis, Indonesia memikul tanggung jawab monumental dalam melestarikan terumbu karang, rumah bagi 67 persen spesies karang dunia.

Terumbu karang bukan hanya tempat tinggal bagi berbagai biota laut, melainkan juga penjaga pantai dari derasnya abrasi.

Memahami potensi sekaligus ancaman yang ada pada terumbu karang, begini kisah kreativitas anak-anak UIC College melestarikan terumbu karang melalui UIC Creative Showcase 2024.

Acara ini menjadi sorotan karena menyatukan seni, pendidikan, dan pelestarian alam dalam sebuah perhelatan yang menginspirasi dan memberdayakan.

UIC Creative Showcase 2024 yang diselenggarakan di Bali oleh UIC College dan Aquanest Experience selama lima hari berturut-turut merupakan perhelatan yang menunjukkan peranpenting anak muda dalam menjaga kelestarian alam.

Para siswa UIC College, melalui kampanye "Let's Study and Make Coral Smile", menunjukkan kontribusi nyata mereka.

Di kegiatan ini para siswa UIC College membuktikan bahwa kreativitas mereka tidak hanya dapat menginspirasi, tetapi juga membawa perubahan nyata.

Adhirama G Tusin, Presiden Direktur USG Education, menyambut baik transformasi ide menjadi tindakan nyata oleh para siswa.

"Kreativitas yang dilakukan oleh para siswa bukan hanya ide cemerlang, tetapi juga langkah nyata demi keberlanjutan lingkungan. Perjalanan ini menciptakan momen bersejarah dalam perjuangan pelestarian alam, langkah demi langkah, ide demi ide," ujarnya.

Dirga Adhi Putra Singkarru, CEO dari AquaNest Experience, menyatakan, "Melalui program Coral Foster Parent Experience, masyarakat bisa ikut terlibat dalam upaya pemulihan dan konservasi terumbu karang serta ekosistem laut Indonesia. Kami sangat bangga melihat generasi muda, khususnya para siswa UIC College, turut berkontribusi dalam program Coral Foster Parent dan menjadi orang tua asuh karang."

Baca Juga: Sambil Menyelam, Nadine Chandrawinata Tanam Ribuan Terumbu Karang