Waspada! Ini Daerah yang Berpotensi Puting Beliung hingga Hujan Es 26-29 Februari 2024 Menurut BMKG

By Maulana Wildan Ibrahim, Senin, 26 Februari 2024 | 22:05 WIB
(Ilustrasi) Daftar daerah berpotensi puting beliung, hujan lebat, hingga hujan es 26-29 Februari 2024 menurut BMKG (Dok. Freepik)

NOVA.ID - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi potensi cuaca ekstrem jelang peralihan ke musim kemarau pada Maret-April 2024.

"Seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, dan fenomena hujan es," ungkap dia dalam keterangan resminya dikutip dari Kompas.com.

Dwikorita menyatakan, masa peralihan musim memiliki kondisi yang memicu terbentuk awan kumulonimbus.

Awan tersebut berkaitan dengan cuaca ekstrem di Indonesia.

Sejalan dengan hal itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani menyatakan, potensi angin puting beliung meningkat seiring pergantian musim dari hujan ke kemarau pada Maret-April 2024.

Agar Sahabat NOVA bisa mulai berwaspada, berikut ini daftar daerah yang berpotensi angin puting beliung hingga hujan es menurut BMKG.

Daerah berpotensi puting beliung

Berikut daerah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, serta hujan es selama periode 26-29 Februari 2024.

Baca Juga: Siap-siap! Ini Daftar Wilayah dan Waktu Puncak Musim Hujan 2024 Menurut BMKG

Periode 26 Februari 2024

Baca Juga: Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ternyata Begini Jawaban dan Mitosnya!

Periode 27-29 Februari 2024