Terungkap! Ternyata Ini Manfaat Minum Susu Saat Sahur Kata Ahli Gizi

By Maria Ermilinda Hayon, Senin, 1 April 2024 | 20:05 WIB
Manfaat minum susu saat sahur dari ahli gizi ini. Bikin kuat jalani puasa Ramadan? (twinsterphoto)

NOVA.id - Dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan 2024, berbagai persiapan perlu dilakukan dengan baik agar tubuh senantiasa sehat selama sebulan penuh.

Tubuh memerlukan penyesuaian pola makan dan tidur yang berbeda.

Termasuk kebiasaan konsumsi makanan dan minuman untuk menunjang daya tahan tubuh.

Salah satu waktu yang krusial bagi tubuh untuk menyerap makanan dan membantu lancarnya puasa Ramadan adalah waktu sahur.

Di waktu sahur, mengonsumsi makanan penuh gizi sangat disarankan agar bisa terserap optimal dan buat tubuh mampu jalani puasa.

Selain makanan dengan gizi seimbang, minum susu saat sahur ternyata juga penting, lo.

Apa saja manfaat minum susu saat sahur?

Manfaat minum susu saat sahur antara lain dapat menambah asupan protein tinggi yang mampu mempertahankan massa otot dan memberikan energi tahan lama dalam menunjang periode puasa yang panjang.

Lebih lanjut, Eka Herdiana, Corporate Nutritionist PT Nestlé Indonesia menjelaskan bahwa mengonsumsi susu pada saat sahur menjadi salah satu cara yang baik untuk mendukung kualitas ibadah puasa masyarakat Indonesia.

“Kandungan air yang tinggi pada susu dapat membantu meningkatkan hidrasi. Selain itu, susu juga dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein dan lemaknya dapat memperlambat proses pencernaan dan membantu mencegah rasa lapar yang terlalu cepat muncul saat berpuasa.

Terakhir, susu dapat memperbaiki cairan tubuh lewat kandungan elektrolit yang terkandung seperti kalium, dan natrium yang dapat membantu memperbaiki cairan tubuh yang hilang selama berpuasa,” katanya.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu Selama Puasa, Salah Satunya Jadi Sumber Energi