Awas Gejala Infeksi Saluran Kemih, Jangan Sampai Lupa Pipis Saat Mudik Lebaran 2024

By Maria Ermilinda Hayon, Kamis, 4 April 2024 | 20:05 WIB
Infeksi saluran kemih (ISK) sangat berbahaya jika tidak diobati hingga tuntas. (Istock)

NOVA.id – Siapa yang suka menahan pipis saat sedang di perjalanan?

Awas bahaya infeksi saluran kemih mengintai!

Apalagi sebentar lagi Hari Raya Idulfitri tiba, khusus di Indonesia, hari raya ini identik dengan tradisi kembali ke kampung halaman.

Dalam perjalanan tak jarang kita hanya fokus untuk mengejar waktu sampai, hingga mengabaikan kebutuhan dasar seperti mencukupi asupan makanan, cairan, bahkan kebutuhan untuk buang air kecil.

Hati-hati bagi Sahabat NOVA yang sering menahan buang air kecil atau malas minum air putih, penyakit infeksi saluran kemih mengintai.

Apalagi untuk perempuan, karena penyakit ini lebih sering diderita oleh kaum perempuan, lho.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke dalam traktus urinarius melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih.

Meskipun sistem berkemih telah didesain untuk menghambat masuknya bakteri, kadang-kadang mekanisme pertahanan tersebut gagal.

Hal ini dapat terjadi pada saat kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Akibatnya, terjadi infeksi di dalam saluran kemih.

Setelah itu dapat muncul keluhan-keluhan berupa desakan (urgency) untuk berkemih, nyeri saat berkemih, sering berkemih, urine keruh, kemerahan, atau berbau, dan nyeri panggul.

Menurut data National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse (NKUDIC) 2018, ISK adalah infeksi kedua terbanyak yang dialami masyarakat di Indonesia, setelah infeksi saluran pernapasan. Jumlahnya mencapai 8,3 juta per tahun.

Baca Juga: Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024, Buat Keluarga Nyaman di Perjalanan