Cara Menghilangkan Stres di Perjalanan Mudik Lebaran 2024 dari Psikolog!

By Maria Ermilinda Hayon, Minggu, 7 April 2024 | 21:05 WIB
Ternyata aromatheraphy ini bisa jadi cara menghilangkan stres di perjalanan mudik Lebaran 2024 yang penuh tantangan. (So Fresh)

NOVA.id – Hanya beberapa hari lagi hari raya akan tiba, sudah banyak orang tumpah ruah di jalan untuk mudik Lebaran 2024.

Semua tempat transportasi umum seprti kereta dan pesawat penuh.

Pun jalan-jalan tol sudah dipadati oleh pengendara yang ingin mudik untuk merayakan Lebaran 2024 bersama keluarga besar.

Namun memang perjalanan mudik Lebaran ada saja tantangannya, salah satunya macet yang bikin stres.

Dilansir dari jurnal National Library of Medicine (2019), faktor kondisi lalu lintas dapat berdampak pada stres saat mengemudi, baik secara mental maupun fisik.

Di sisi lain, Marissa Meditania, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Psikolog Klinis, menjelaskan lebih lanjut alasan kemacetan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan pikiran.

"Ketika sedang berkendara, terkadang kita dihadapkan pada kemacetan yang tidak terduga. Hal tersebut tentu membuat kita rentan merasa stres karena harus duduk dalam posisi yang lebih lama dan frustasi karena rasa bosan.

Saat mengalami stres, terjadi perubahan cara berpikir dan pelepasan hormon tertentu di dalam tubuh sehingga timbul gejala-gejala stres, mulai dari sulit berkonsentrasi hingga sakit kepala dan tekanan darah meningkat.

Apabila stres dibiarkan maka bisa berkembang menjadi stres kronis yang berdampak buruk pada kesehatan mental dan tubuh kita.” 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres di perjalanan mudik Lebaran 2024?

Guna mengurangi gejala-gejala stres dan keluhan tubuh ringan saat di perjalanan, Marissa membagikan sejumlah tips mudah untuk dilakukan. Apa saja?

Baca Juga: Pemudik Wajib Tahu, Ini Cara Mengecek Posko Mudik Lebaran 2024 via Online