Catat! 4 Titik Mudik yang Ada Layanan dan Edukasi Khusus untuk Kesehatan Ibu dan Anak dari IBI

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 10 April 2024 | 11:05 WIB
IBI buka posko kesehatan untuk ibu dan anak saat mudik Lebaran 2024 bersama Le Minerale ()

NOVA.id - Pada momen mudik Lebaran 1445H ini Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik.

Posko OPOR Bu Bidan merupakan kependekan dari Organisasi Profesi Pro PeRempuan.

Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian kegiatan sosial bidang kesehatan Ibu dan Anak dalam rangka memperingati HUT IBI ke-73 dan Hari Bidan Internasional (IDM) Tahun 2024.

IBI telah berperan aktif dalam berbagai upaya guna meningkatkan kualitas kesehatan perempuan, bayi dan balita di Indonesia kapanpun dan dimanapun, tidak terkecuali pada momen mudik Lebaran 2024.

Posko OPOR Bu Bidan secara resmi dibuka bertepatan dengan pelepasan rombongan mudik bersama di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur pada Sabtu, 6 April 2024.

Ketua Umum IBI, Ibu Dr. Ade Jubaedah, MM.,MKM mengatakan, "Salah satu tujuan penting dari dilaksanakannya Posko OPOR Bu Bidan ini ialah untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada masyarakat,

khususnya akses bagi perempuan, ibu hamil, ibu menyusui serta anak balita dalam memperoleh layanan kesehatan selama perjalanan mudik, sebab mereka merupakan kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian khusus."

Pelayanan kesehatan di Posko OPOR Bu Bidan diberikan langsung oleh tenaga bidan profesional.

Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik dapat mengetahui langsung infomasi serta layanan lainnya dengan mengunjungi di Posko OPOR Bu Bidan yang tersebar di berbagai titik, di antaranya:

1.Terminal Pulogebang Jakarta Timur

2.Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres di Perjalanan Mudik Lebaran 2024 dari Psikolog!