Jalani Upacara Mepamit Jelang Pernikahan, Artinya Mahalini Mualaf?

By Maria Ermilinda Hayon, Minggu, 5 Mei 2024 | 19:05 WIB
Mahalini jalani Upacara Mepamit sebelum menikah dengan Rizky Febian. Apakah tandanya Mahalini mualaf? (Instagram @rfasmusic/Axioo)

NOVA.idRizky Febian dan Mahalini sukses melangsungkan upacara Mepamit pada hari ini, Minggu, 5 Mei 2024.

Upacara Mepamit adalah pembuka dari rangkaian acara menuju hari pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja.

Upacara Mepamit atau upacara adat Dharma Suaka itu telah dilangsungkan di kediaman Mahalini

Banyak yang bertanya-tanya, apa itu Upacara Mepamit?

Apakah artinya Mahalini mualaf? Sebab diketahui sejoli ini memang memiliki perbedaan agama.

Dalam tulisan di akun @rfasmusic, dikutip Minggu (5/5/2024) dikatakan bahwa dalam pelaksanaan Upacara Mepamit atau Dharma Suaka, calon mempelai pria meminta izin meminang (ngidih) pada keluarga calon mempelai wanita untuk melangkah ke jenjang selanjutnya.

Dalam salah satu rangkaian acara ada itu ada upacara Mepamit, di mana upacara tersebut memiliki makna bahwa calon pengantin wanita berpamitan pada leluhurnya.

"Acara dilanjutkan dengan upacara Mepamit," tulis akun itu.

"Yang bermakna calon pengantin wanita (pradana) meminta izin kepada para leluhurnya untuk menikah dan selanjutnya menjadi tanggung jawab calon pengantin pria (purusha) dan keluarganya di masa depan," jelas akun tersebut.

Dalam keterangannya, upacara adat yang digelar hari ini merupakan pembuka dari rangkaian prosesi lainnya sebelum Mahalini menikah dengan Rizky Febian.

Di sisi lain, dikutip dari Kompas.com, menurut artikel jurnal 'Upacara Pawiwahan Dalam Agama Hindu' karya Luh Sukma Ningsih dan 'Bentuk, Fungsi dan Makna Tata Rias dan Prosesi Upacara Perkawinan Bali Agung di Bali' karya Ni Putu Delia Wulansari, kata Mepamit memiliki arti berpamitan atau perpisahan.

Baca Juga: Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Tuai Sorotan, Ketua MUI: Nikah Beda Agama Itu...