Prudential Indonesia Dorong Pentingnya Literasi Finansial dan Perlindungan bagi Perempuan Indonesia

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 15 Juni 2024 | 10:05 WIB
Prudential Indonesia Dorong Pentingnya Literasi Finansial Perempuan Lewat Kartini Pasar Modal ()

NOVA.ID - Sejalan dengan komitmennya untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi keluarga Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) secara aktif mendorong pentingnya literasi finansial dan memiliki perlindungan bagi perempuan Indonesia sebagai roda penggerak ekonomi Indonesia.

Hal ini dilakukan melalui serangkaian edukasi yang telah dilakukan untuk membantu perempuan Indonesia semakin berdaya secara finansial.

Serta mewujudkan keluarga yang lebih sehat dan sejahtera, salah satunya pada acara Kartini Pasar Modal yang diadakan dalam rangka Hari Kartini di Bursa Efek Indonesia beberapa waktu lalu.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Prudential Indonesia mengatakan, “Prudential Indonesia percaya bahwa perempuan memegang peranan kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ibu sebagai pengelola keuangan keluarga berperan sangat penting untuk memastikan keuangan keluarganya tetap terkelola dan terencana dengan bijak sehingga keluarga dapat hidup sehat, kebutuhan tercukupi, dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah.”

Melalui program literasi keuangan ini Prudential Indonesia perlu terus digaungkan bagi perempuan Indonesia.

Termasuk para perempuan bahwa memiliki perlindungan bagi diri mereka sendiri dan keluarga sejak dini sangat penting agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan dan finansial yang mungkin muncul ke depannya.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, sebanyak 49,4% dari total 275,7 juta penduduk Indonesia adalah perempuan, di mana 64,5% di antaranya adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di sisi lain, data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan perempuan mengalami peningkatan, dari 36,13% pada tahun 2019 menjadi 50,33% pada tahun 2022.

Walaupun begitu, hampir 50% perempuan Indonesia masih belum memiliki pemahaman akan manajemen keuangan untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Data yang sama juga menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang di Indonesia, atau sekitar 31,72%, setuju bahwa punya asuransi penting untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko.

Baca Juga: FOMO Bisa Kacaukan Keuangan Masa Depan, NOVA dan MSIG Life Beri Edukasi Finansial Agar Bisa Siapkan Dana Pensiun Tanpa Terjebak