Nuansa Inggris dalam Koleksi Busana Ramadan Persembahan Shafira Swarovski

By nova.id, Senin, 1 Juni 2015 | 05:59 WIB
Nuansa Inggris dalam Koleksi Busana Ramadan Persembahan Shafira Swarovski (nova.id)

TabloidNova.com - Bila tema Maroko bergaya timur tengah seringkali menginspirasi banyak label atau desainer busana muslimah, maka berbeda halnya dengan Shafira.

Di usia yang telah melampaui 26 tahun, Shafira nampak berupaya keras untuk mengeksplorasi ide dalam menawarkan ragam mode busana muslimah yang berbeda di tahun 2015.

Kesan ini terlihat dari tema unik yang diambil dalam peragaan busana koleksi gemerlap Ramadan Shafira Swarovski, di  Lobby Utama RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Sabtu (30/5).

Terpikat akan nuansa inggris yang elegan, Shafira mengusung British Chronicles sebagai tema utama. Terbagi atas empat sekuens yang masing-masing menghadirkan ragam model busana muslimah terkini, Shafira seakan ingin mengajak para penikmat mode untuk menyusuri sejarah Inggris sejak tahun 1800-an.

Kesulitannya tentu terletak dari bagaimana mengaplikasikan gaya bangsawan Inggris dalam busana muslimah sehingga cocok dikenakan sebagai busana siap pakai. Regency Romance membuka peragaan busana koleksi gemerlap Ramadhan Shafira Swarovski siang itu. Lembutnya palet pastel mendominasi panggung runway yang ditata begitu megah dan artistik.

Tema ini memang sengaja dipilih untuk mengadopsi busana kerajaan Inggris dengan garis rancangan romantis nan megah pada abad ke-18. Shafira menyajikan koleksi dalam bahan bermotif bunga yang diberi tekstur unik berpadu bahan jacquard serta teknik draperi dan lipit. Tak lama berselang, tema Aristocratic melanjutkan acara peragaan busana. Demi menciptakan koleksi busana muslimah bernuansa bak kaum aristokrat Inggris, Shafira mengenakan motif tartan bergaya Victorian dari bahan lace dan organdi pada busana model one pieces dan two pieces.

Kali ini taburan kristal Swarovski tersemat di beberapa bagian busana seperti kerah, dada, lengan, dan bahu, sehingga sangat cocok dikenakan sebagai busana Idul Fitri nanti.

Siluet H-line dan S-line dalam palet merah, marun, dusty pink, dan biru dihadirkan untuk menguatkan kesan aristokrasi Inggris yang kental. Potongan busana flowing yang ringan dan mengikuti lekuk tubuh semakin menyiratkan bahwa koleksi sekuens kedua ini diperuntukkan bagi perempuan muslimah feminin, anggun, dan elegan. Busana muslim keluarga tidak lepas dari segmentasi pasar Shafira saat momen Ramadhan dan Lebaran tiba setiap tahunnya. Koleksi Sarimbit merupakan koleksi lengkap anggota keluarga yang mengusung gradasi satu palet dengan detail serasi di masing-masing bagian busana.

Sementara, label yang ditujukan untuk kaum muda dan yang berjiwa muda, maka label Encyclo by Shafira menutup peragaan busana tersebut. Mengangkat tema Sense & Sensibility, Shafira lagi-lagi terinspirasi dari novel karya Jane Austen yang mengisahkan sosok perempuan muda Inggris pada tempo dulu. Sense & Sensibility tampil lebih berbeda dan berani dari tiga deretan koleksi sebelumnya, pasalnya koleksi ini mengombinasikan motif tartan dan floral dalam setiap potong busana. Secara keseluruhan, koleksi Gemerlap Ramadan Shafira Swarovski dibuat cukup apik dan nmengikuti tren mode busana muslimah sekarang. Shafira pun tak ragu-ragu menanggalkan potongan busana menumpuk yang diganti oleh gaya clean-cut yang lebih minimalis.

Ridho NugrohoFOTO-FOTO: Shafira