Berdasarkan Usia, Perlu Minum Berapa Gelas Susu dalam Sehari?

By nova.id, Kamis, 4 Juni 2015 | 04:58 WIB
Berdasarkan Usia Perlu Minum Berapa Gelas Susu dalam Sehari (nova.id)

Berdasarkan Usia Perlu Minum Berapa Gelas Susu dalam Sehari (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Grace Septerina (37) sejak kecil rutin minum susu setidaknya dua gelas setiap hari. "Waktu aku kecil, pagi-pagi minum susu sebelum berangkat sekolah. Cukup mengenyangkan sehingga bisa fokus dan konsentrasi belajar di kelas. Terus minum susu lagi sebelum tidur malam supaya nyenyak."

Kebiasaan minum susu sejak dini ini masih terus terbawa sampai ia dewasa. Bahkan, tradisi ini sudah "ditularkan" pada ketiga buah hatinya, Mikhail (10), Aimee (5), dan Sassy (1,3).

Mereka minum susu minimal dua gelas sehari. "Anakku yang masih balita bisa lebih banyak konsumsi susunya, sebelum tidur siang minum susu. Lalu, bangun tidur siang minum susu lagi. Anakku yang sulung, sampai bawa susu buat bekal ke sekolah."

Grace menyadari pentingnya susu lantaran banyak manfaat, salah satunya membantu pertumbuhan tulang. "Terbukti, anak-anakku paling bongsor di antara teman-teman sebayanya. Terus, mereka teratur buang air besar karena susu ternyata memelihara kesehatan pencernaan. Bagi aku sendiri, susu membuat tak mudah sakit karena meningkatkan imunitas tubuh. Misal, ketika merasa ada gejala flu, setelah minum susu, esok harinya flu hilang."

Boleh jadi, tak sedikit wanita seperti Grace yang juga selalu menyediakan produk susu untuk keluarganya.

Minum susu sudah menjadi kebiasaan bahkan sebuah kebutuhan sehari-hari. Dalam hidangan makanan pokok, entah itu sarapan, makan siang atau makan malam, seolah belum lengkap rasanya bila belum disajikan pula segelas susu.

Masyarakat kini makin menyadari akan pentingnya susu. Begitu banyak manfaat yang bisa dipetik dari susu, tidak hanya untuk kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa bahkan orang tua. "Susu dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit yang berisiko tinggi," papar ahli gizi dari RSIA Hermina Bogor, Anita Pratiwi, Amd.Gizi. 

Nah, tentunya asupan atau konsumsi susu perlu disesuaikan dengan kebutuhan seseorang atau tingkat usianya. Jadi, perlu minum berapa gelas susu dalam sehari? Anak-anak usia balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa dan orang tua memiliki kebutuhan masing-masing. Berikut rinciannya:

*BalitaDisarankan minum susu 3-4 kali/gelas setiap hari.

*Anak usia sekolahSebaiknya minum susu 2 kali/gelas setiap hari.

*RemajaDianjurkan minum susu 4 kali/gelas setiap hari.