Benar Enggak Sih, Cemilan Rumput Laut Tergolong Sehat?

By nova.id, Senin, 2 Maret 2015 | 08:05 WIB
Benar Enggak Sih Cemilan Rumput Laut Tergolong Sehat (nova.id)

TabloidNova.com - Sedih rasanya kalau mendengar bahwa makanan "super" yang sering kita nikmati ternyata tidak sehebat yang digembar-gemborkan. Atau, cara mengonsumsi yang kita terapkan selama ini ternyata membuatnya tidak super lagi.

Yogurt, misalnya. Kudapan ini sering disebut-sebut sangat berkhasiat untuk menyehatkan pencernaan, atau membuat langsing karena topping buahnya. Namun kemudian muncul argumentasi lain bahwa produk seperti frozen yogurt ternyata tinggi kadar gulanya. Gula atau sirup biasanya ditambahkan agar yogurt yang sangat asam menjadi lebih bisa dinikmati.

Bagaimana dengan kudapan rumput laut yang juga digemari sekarang? Apakah cemilan rumput laut tergolong sehat?

Cemilan ini kerap dibilang lebih sehat daripada keripik, karena hanya merupakan lembaran rumput laut yang dikeringkan dan dipanggang, lalu dibumbui. Pakar nutrisi dan penulis buku The New You and Improved Diet, Keri Glassman, mengatakan, "Cemilan rumput laut bisa memuaskan keinginan kudapan gurih, dan membantu orang mendapatkan manfaat dari makanan laut."

Rumput laut, khususnya nori (yang biasanya digunakan untuk cemilan), memang mengandung banyak nutrisi. Di antaranya kaya akan vitamin A dan C, serta kalsium. Anda yang menggemari sayuran juga perlu mengetahui bahwa rumput laut merupakan salah satu sumber vitamin B12, yang penting untuk fungsi-fungsi tubuh dan kognisi.

Sayuran laut juga mengandung yodium, kalium, selenium, zat besi, dan magnesium, yang tak tertandingi oleh sayuran di daratan. Sebab, jenis-jenis mineral tersebut terkonsentrasi pada tanaman laut. Rumput laut juga rendah kalori.

Meskipun begitu, Keri mengingatkan Anda untuk membatasi konsumsinya. Karena rumput laut pada dasarnya sudah tinggi kadar sodiumnya, pastikan Anda memeriksa label kemasannya untuk memastikan tambahan garamnya tidak terlalu besar.

"Cari merek yang daftar bahan bakunya singkat: rumput laut, minyak zaitun atau minyak wijen, dan garam. Hindari tambahan gula dan bahan baku buatan lainnya," jelas Keri.

Jika Anda sudah memahami batasan-batasan tersebut, tak masalah menikmati cemilan rumput laut. Cemilan rumput laut tergolong sehat, karena meskipun gurih tapi kalorinya rendah.

Dini Felicitas/Elle