Benarkah Lobster Air Tawar Mengandung Kolesterol Tinggi?

By nova.id, Jumat, 23 Januari 2015 | 17:52 WIB
Benarkah Lobster Air Tawar Mengandung Kolesterol Tinggi (nova.id)

TabloidNova.com - Crawfish atau juga kerap disebut lobster air tawar termasuk hidangan laut yang menjadi favorit banyak orang. Sudah begitu, lobster air tawar ini sangat kaya protein. Sementara kandungan lemaknya setelah dibersihkan yang ada di bagian ekor hanya sebesar 1 persen.

Namun banyak yang menganggap lobster air tawar mengandung kolesterol tinggi, sehingga menghindarinya. Benarkah demikian? Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Lobster air tawar tergolong rendah kalori dan lemak, serta menjadi sumber yang baik untuk konsumsi vitamin.

Kandungan gizi lainnya yakni ada biotin, kalsium, zat besi, niacin, fosfor, protein, vitamin A, B6, dan B12 untuk setiap sajian per 85 gram.

Ada beberapa fakta menarik lain seputar lobster air tawar ini. Di antaranya, lobster air tawar yang dewasa lebih sedikit kandungan dagingnya sehingga lebih ringan dibanding yang masih muda.

Walaupun dinilai tinggi kandungan kolesterolnya dibanding hidangan laut lainnya, tetap saja 3,5 ons atau 100 gram sajian crawfish hanya separuh dari konsumsi harian yang direkomendasikan. Jadi masih tidak perlu khawatir kadar kolesterol Anda akan meningkat drastis.

Selain itu, mengonsumsi makanan atau hidangan laut sangat dianjurkan karena baik untuk mengatasi atau mencegah beberapa penyakit, di antaranya kanker, jantung, stroke, asma, dan Alzheimer.

Rahman Indra/Crawfish.org