Tubuh Sehat Berkat Sarapan Menu Organik

By nova.id, Jumat, 23 Januari 2015 | 05:31 WIB
Tubuh Sehat Berkat Sarapan Menu Organik (nova.id)

TabloidNova.com - Menyambut Hari Gizi Nasional (Indonesia Natural Nutrition Day) yang jatuh pada tanggal 25 Januari nanti, maka sudah semestinya kita semakin sadar pentingnya mengonsumsi makanan bergizi tepat dan seimbang untuk kesehatan tubuh.

Hal ini sejalan dengan harapan Janti Wignjopranoto, sosok yang berada di balik akun Instagram @alterjiwo. Melalui akun tersebut, ia menularkan semangat gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan organik. Janti yang punya slogan "My food is medicine, and my food is my remedy" memaparkan pentingnya mencegah lebih baik daripada mengobati.

"Semua yang kita konsumsi seharusnya bisa dikategorikan sebagai obat. Jadi, perhatikan baik-baik apa yang masuk di mulut dan dicerna oleh tubuh karena erat kaitannya dengan kesehatan serta penyakit," ujar perempuan yang sekarang berdomisili di kota Yogyakarta ini.

Khusus pada TabloidNova.com, Janti berbagi tips bagaimana cara mudah memulai hidup sehat, salah satunya dengan sarapan bergizi dengan menu organik. Menurutnya, menu sarapan seharusnya adalah yang paling mudah dicerna karena tidak terlalu berat membuat sistem pencernaan bekerja. Selain itu, menu sarapan sehat harus kaya serat dan tidak terlalu tinggi kadar gulanya. Misalnya, jus atau blending sayuran dengan buah atau smoothie itu baik. Opsi lain adalah makan sayuran organik, di mana sekitar 1-2 jam kemudian dilanjutkan sarapan chia pudding atau overnight oats.

Terkait metode penyajian makanan organik, Janti menganjurkan dikonsumsi dalam keadaan segar. "Perhatikan suhu memasak saat mengolahnya. Jangan berlebihan atau terlalu panas karena bisa mengurangi kadar nutrisi atau gizinya," saran Janti. Jika sarapan organik ini mungkin masih enggan dikonsumsi oleh buah hati, Janti menyarankan agar sedari kecil tidak diperkenalkan dengan segala sesuatu yang mengandung gula termasuk menu sarapannya. Biarkan anak lebih memilih raw food secara perlahan dan makan sesuai intuisi bukan karena jadwalnya harus makan.

Ridho Nugroho