Sudah Tahu Tren 9 Makanan Sehat Untuk Tahun 2015?

By nova.id, Selasa, 30 Desember 2014 | 05:55 WIB
Sudah Tahu Tren 9 Makanan Sehat Untuk Tahun 2015 (nova.id)

TabloidNova.com - Tahun 2013 sampai 2014 menjadi masa di mana masyarakat mulai melirik gaya hidup sehat melalui rutin berolahraga, mengurangi makanan berlemak dan karbohidrat, mengonsumsi makanan mentah (raw food) hingga menjadi vegetarian. Tingginya risiko terkena penyakit seperti kanker, diabetes, stroke, jantung, dan lainnya, dijadikan pendorong yang melatarbelakangi alasan mengapa sudah saatnya masyarakat menjalani pola hidup sehat. Setelah brokoli, paprika kuning, kacang almond, dan buah naga merajai minat sebagian masyarakat, kini ada 9 sumber makanan sehat lainnya yang akan menjadi tren di tahun mendatang.

Freekeh Selain Kinoa (quinoa), saat ini sudah ada jenis super gandum lainnya yang bermanfaat. Freekeh, adalah super gandum asal Timur Tengah yang dibuat dari gandum hijau dan dikemas mengandung kadar tinggi protein. Rasa Freekeh disinyalir sangat lezat dan baik sebagai pengganti nasi. Disarankan, mengolah freekeh dengan cara dikukus bersama kacang pine dalam kondisi setengah matang.

Kaldu TulangSama halnya dengan jus sayuran hijau, kaldu tulang dari ayam, sapi, atau kalkun juga berfungsi sebagai minuman detoksifikasi. Ternyata, kaldu tulang kaya akan nutrisi seperti sup super sehat yang banyak diberikan pada pasien rumah sakit. Kaldu tulang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh dan asam amino.

MatchaSuka teh hijau? Anda akan lebih menyukai matcha. Matcha mengandung lebih dari 10 kali antioksidan dari satu kantong teh hijau biasa. Matcha juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk proses detoksifikasi tubuh. Tambahkan matcha pada smoothie atau bubur kacang hijau Anda.

Gula Kelapa Tidak cuma minyak kelapa, ternyata gula yang berasal dari kelapa juga mengandung banyak mineral, zat besi, kalsium dan potassium. Gula kelapa secara alami berasal dari pohon kelapa murni dan bisa mengganti gula dari tebu atau jagung.

Kembang KubisSelada telah lama menjadi teman setia bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan burger. Namun, kembang kubis adalah sayuran hijau kaya manfaat yang patut Anda coba karena mengandung banyak serat dan mineral. Tambahkan kembang kubis dalam olahan makanan pizza, steak, salad dan lainnya.

Makanan SkandinaviaJenis makanan ala Skandinavia baik untuk kesehatan karena mengandung sumber vitamin D, gravlax atau ikan salmon mentah yang disajikan dengan minyak zaitun, juga sedikit gula dan garam. Salmon mengandung lemak omega 3. Hidangan ala Skandinavia juga sering menghidangkan lingonberries, yakni kue tart yang diproduksi menggunakan buah cranberry yang kaya akan antioksidan.

Air Maple Seperti air kelapa murni,, air maple juga tinggi kalsium, potassium dan magnesium. Air maple hanya mengandung 30 kalori setiap 500 ml. Minuman ini baik untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembapan kulit.

Bee Pollen (serbuk sari lebah)Bee pollen adalah makanan bergizi lengkap yang sering disebut super food. Bee pollen mengandung fitonutrien dalam jumlah banyak dan masuk dalam kategori polifenol sebagai bahan antioksidan. Bee Pollen merupakan sumber protein, asam amino, asam folic dan vitamin B sehingga menjadi sumber energi, kelembutan kulit, dan membantu kinerja fungsi pencernaan.

KaletteKalette adalah sayur hasil silang genetik antara kubis dan kol Brussel, berdaun keriting dengan warna hijau dan ungu. Sebagian petani bahkan menyilangkannya dengan kangkung dan paprika. Layaknya sayuran hijau, kalette kaya serat, zat besi dan juga nutrisi.

Ridho Nugroho / Cosmopolitan UK