Usia Berapa Anak Bisa Diajak Nonton di Bioskop?

By nova.id, Selasa, 16 Juni 2015 | 10:36 WIB
Usia Berapa Anak Bisa Diajak Nonton di Bioskop (nova.id)

TabloidNova.com - Mengetahui usia tepat ajak anak nonton bioskop pun penting bagi orangtua yang ingin menemani anaknya menikmati masa liburan.

Memang, perihal usia tepat ajak anak nonton bioskop sering menjadi  pertanyaan, mengingat kondisi anak yang mudah bosan atau tiba-tiba ingin keluar dan mondar mandir ketika film tayang bisa mengganggu penonton lain.

Terkait persoalan tersebut, Psikolog, Ayoe Sutomo, menanggapinya cukup serius. Pasalnya, usia anak menentukan sisi psikologis dan perkembangan otak yang ada hubungannya dengan perilaku yang dihasilkan.

Baca: Orangtua Wajib Tahu: Etika Ajak Anak Nonton Bioskop Saat Liburan Sekolah

"Perhatikan usia anak, dalam hal ini bukan cuma usia anak yang ada hubungannya dengan film yang mau disaksikan, tapi lebih kepada kesiapan anak ketika menonton film tersebut. Usia 4 tahun menurut saya ialah usia tepat mengajak anak nonton di bioskop," kata Ayoe pada tabloidnova.com.

Psikolog yang juga berprofesi sebagai salah satu presenter di salah satu televisi swasta tersebut memiliki alasan yang kuat. Menurutnya, pada tahap usia 4 tahun secara kognitif anak sudah mulai mampu memahami alur cerita sederhana.

Baca: Cara Mengisi Liburan Puasa Anak Sekolah yang Tak Membosankan

Lebih lanjut, secara kemampuan, anak usia 4 tahun juga bisa mempertahankan perhatian dan duduk tenang dalam rentang waktu sekitar 1 jam. Alasan lainnya juga dipaparkan Ayoe, diakuinya secara fisik anak usia 4 tahun sudah tidak terlalu peka dengan silau lampu dari layar dan bunyi suara yang cukup keras.

Baca: Langkah Orangtua Agar Anak Cerdas dan Berkarakter

Makanya, Ayoe pun sangat merekomendasikan bila inisiatif menonton film diusahakan datang dari anak Anda, bukan karena paksaan dari kakak ataupun orangtuanya.

"Orangtua boleh memberi penawaran, tapi keputusan untuk mau menonton harus datang dari diri anak, biarkan anak bernegosiasi dengan Anda sambil Anda menjelaskan aturan menonton di bioskop," pungkas Ayoe.

Ridho Nugroho FOTO: today