Terkadang, Perusahaan Malah Menyebabkan Munculnya Manusia Negatif

By nova.id, Selasa, 17 Februari 2015 | 00:31 WIB
Terkadang Perusahaan Malah Menyebabkan Munculnya Manusia Negatif (nova.id)

TabloidNova.com - Di kantor Anda pasti menemukan orang-orang bertipe negaholic. Mereka ini selalu memandang segala sesuatu dari sisi yang negatif.Manusia negaholic pada dasarnya ingin membalas dengan cara mengungkit sesuatu yang buruk, sehingga orang yang dibalasnya tampak buruk.

PNegaholic merasakan kenikmatan saat melihat orang yang pernah melukainya menjadi malu atau dipermalukan.

Menurut Gary Topchik  penulis buku Managing Workplace Negativity, ada kalanya perusahaan lah yang menyebabkan munculnya manusia negatif dan memberikan alasan kepada karyawan untuk bersikap negatif.

"Ada situasi khusus dalam organisasi yang bisa menciptakan banyak karyawan negatif. Mulai dari stres karena beban pekerjaan, tumpukan masalah, kondisi tempat kerja, suasana kerja yang tidak menyenangkan, perilaku bos yang menyebalkan, gaji yang minim. Nah, langkah pertama mengatasinya, manajemen harus mencari penyebab utamanya," paparnya.

Setelah itu, lakukan pembicaraan empat mata serta berikan coaching. "Biarkan karyawan menyampaikan uneg-unegnya dengan lebih leluasa tanpa merasa terintimidasi. Manajeman sendiri harus bisa mengambil langkah strategis terhadap negaholic."

Kemudian ajak mereka untuk menciptakan situasi yang lebih nyaman. "Jangan sampai perusahaan tidak mampu memberdayakan karyawan positif yang justru makin lama mengikuti jejak negaholic."

Noverita K. Waldan