Peluang Pekerjaan untuk yang Hobi Menulis

By nova.id, Jumat, 29 Agustus 2014 | 09:33 WIB
Peluang Pekerjaan untuk yang Hobi Menulis (nova.id)

TabloidNova.com - Di sela waktu luang, tak mustahil bagi karyawan menjalankan pekerjaan sampingan. Selain menambah pemasukan dan aktualisasi diri, menilik periuk kedua juga bisa memfasilitasi minat dan skill yang dimiliki, seperti menulis, memasak, fotografi, atau desain.

Namun perlu digarisbawahi, memanfaatkan peluang pekerjaan sampingan pun harus dengan batasan, ya. Namanya sampingan, tentu tidak boleh mengganggu pekerjaan utama. Terpenting, harus pandai membagi waktu agar bisa tetap fokus pada pekerjaan utama. Bagi yang ingin menjajal peruntungan side job, berikut beberapa peluang pekerjaan di bidang tulis-menulis.

Penulis atau Editor Suka menulis artikel atau cerpen? Kirim ke majalah maupun situs berita dengan tema dan gaya penulisan yang sesuai media massa tersebut. Bisa juga sebagai editor freelance di penerbit buku.

Penerjemah Pandai menulis dan menguasai bahasa asing? Penerbit buku membutuhkan penerjemah untuk buku-buku berbahasa asing dari berbagai genre. Akan lebih disukai jika Anda mengantungi sertifikat sebagai penerjemah tersumpah. Jika proyek sudah di tangan, jangan ingkar deadline, ya!

Copywriter Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas ini biasanya bagian dari tim kreatif sebuah advertising agency. Seorang copywriter harus mampu mengolah kata dan data menjadi "bahasa iklan" yang menarik.

Penulis Buku Jangan takut menjual ide brilian Anda ke penerbit. Banyaknya penerbit dan tingginya minat baca saat ini, tentu menjadi peluang besar. Kesulitan menembus penerbitan besar? Sekarang banyak kok penerbitan skala kecil yang bisa dicoba.

Ghost WriterKalau tidak punya ide khusus sebagai bahan penulisan buku, Anda juga bisa menjadi ghost writer. Inilah penulis yang disewa oleh orang lain yang ingin menerbitkan bukunya. Nama Anda mungkin tidak akan dicantumkan sebagai penulis, namun tentu Anda tetap mendapat penghasilan dari situ.

Blogger Tak sekadar menulis sesuka hati, ternyata menjadi blogger cukup menjanjikan. Jika isi blog menarik, bisa saja dilirik pengiklan!

Ratih Sukma Pertiwi/Dari berbagai sumber