Permainan Motif Tenun Indonesia ala Itang Yunasz

By nova.id, Selasa, 4 November 2014 | 06:50 WIB
Permainan Motif Tenun Indonesia ala Itang Yunasz (nova.id)

TabloidNova.com - Konsistensi desainer Itang Yunasz dalam menelurkan koleksi busana bermotif memang sangat mengagumkan. Peraih penghargaan Pia Alisjahbana Award di ajang Jakarta Fashion Week 2012 tersebut sebelumnya tercatat pernah merilis busana bermotif landscape serta nuansa Timur Tengah dalam peragaan busana di Jakarta Islamic Fashion Week dan Jakarta Fashion and Food Festival.

Label sebagai desainer busana muslim pun begitu lekat dengan nama Itang Yunasz, yang memulai debutnya sebagai perancang dalam lomba perancang busana pada tahun 1981. Itang yang kini telah memiliki lima label busana turut mengambil bagian dalam Jakarta Fashion Week 2015 yang digelar mulai tanggal 1 hingga 7 November 2014 di Fashion Tent, Senayan City, Jakarta.

Keunikan budaya negeri menginspirasi banyak kreasinya. Kemampuan Itang untuk menerjemahkan ragam motif pada sebuah karya membuat 60 koleksinya yang terdiri atas busana wanita dan pria bertema "Exotic Journey" kali ini tampil cukup mengesankan.

Permainan Motif Tenun Indonesia ala Itang Yunasz (nova.id)
Permainan Motif Tenun Indonesia ala Itang Yunasz (nova.id)
Permainan Motif Tenun Indonesia ala Itang Yunasz (nova.id)
Permainan Motif Tenun Indonesia ala Itang Yunasz (nova.id)

"Koleksi busana pria berwarna dan motif senada dengan busana wanita "

Sekuens pertama dibuka dengan palet gradasi warna hijau, mulai dari hijau semu, hijau rumput, hijau terang, light blue, terracotta, biru indigo motif ikat, serta oranye terracotta. Sedangkan sekuens selanjutnya menampilkan warna merah, hitam, peach, dusty grey, dan biru navy.

Itang memilih siluet bertumpuk yang dipalikasikan pada gaya jaket panjang, blus tunik berdetail teknik anyaman, rok lipit,  gamis berdetail ruffles pada ujung bahan, serta celana panjang pipa. Agar tak monoton, Itang menambahkan siluet flare serta loose yang hadir pada busana two pieces yang dibuat berukuran panjang menyentuh lutut atau paha yang terkesan santun. Permainan kerah tinggi yang elegan seperti model victorian, cowl, atau turtle, menjadi sebuah benang merah tersendiri bagi koleksi Itang Yunasz.

Keistimewaan koleksi ini terlihat dari rok bergaris yang dibuat mengacak agar menyerupai payung bergaris berefek gelembung. Material bahan didominasi oleh sifon, satin, raw silk, organza bertekstur, dan foam jersey. Permainan aksesori antara lain berupa bebatuan solid senada busana, yang bertabur manik. Selain itu juga kerang yang tersusun rapi pada ikat pinggang bergaya tassel seperti tas, gelang, kalung, dan sepatu yang turut memberi kesan tegas sekaligus modern.

Untuk busana muslim pria, hadir beragam atasan t-shirt model baggy, celana pipa bermotif, long jacket, blazer, slim shirt, jaket tunik serta kemeja berkerah koko.

Ridho Nugroho Foto-foto: Agus Dwianto/NOVA