Usia Menentukan Keputusan Wanita dalam Memilih Parfum

By nova.id, Selasa, 27 Mei 2014 | 16:26 WIB
Usia Menentukan Keputusan Wanita dalam Memilih Parfum (nova.id)

TabloidNova.com - Wanita cenderung memilih wewangian yang disukai karena aromanya yang khas, kemasannya yang praktis dan cantik, atau karena warnanya yang memikat. Sebagian, bahkan membeli hanya karena parfum tersebut dilansir oleh para selebriti yang belakangan ini banyak mengeluarkan koleksi parfum yang mengusung namanya.

Baru-baru ini, Elizabeth Arden melakukan penelitian bersama psikolog terkenal yaitu dr. Rachel Herz mengenai hubungan antara bau, persepsi, emosi, memori, dengan kognisi. Penelitian tersebut melibatkan sejumlah wanita yang berbeda profesi, aktivitas, dan kegemaran. Hasilnya adalah bahwa setiap kelompok usia memilih aroma yang berbeda pula dengan berbagai alasan.

Menurut Arden dan Herz, pilihan aroma parfum itu mirip seperti pilihan dalam hal busana atau aksesori. Meskipun, semua wanita membeli parfum karena menyukai aromanya yang kuat, namun ada pengaruh lain yang menjadi indikasi mereka memlilih parfum berdasarkan usia mereka. Berikut penjelasannya.

Usia RemajaYang paling kuat memengaruhi seorang remaja dalam memilih parfum adalah teman sebaya. Jika semua gadis atau artis populer mengenakan parfum yang sama, kemudian aromanya tercium ke seluruh sudut ruangan di sekolah, hal ini yang biasanya memicu mereka membeli parfum yang sama. Dr. Herz juga membuktikan bahwa wanita muda biasanya dipengaruhi oleh iklan-iklan yang mereka lihat di majalah atau televisi.

Usia 30Menurut dr. Herz, perempuan di usia 30-an biasanya mencari aroma yang membuat mereka merasa tenang. Seperti halnya parfum Untold dari Elizabeth Arden dengan campuran khas dari lada merah, bergamot, gardenia, dan bunga melati.

Usia 40Wanita di usia 40-an lebih mengandalkan selera mereka secara signifikan ketika membeli sebuah parfum. Seperti parfum Black Orchid dari

Tom Ford yang memiliki aroma yang kaya dan pedas. Usia 50 Di usia separuh baya, biasanya para perempuan telah banyak mencoba berbagai jenis aroma parfum, dan sudah memiliki satu aroma yang begitu melekat dan mereka sukai. Aroma yang terasa ramah, hangat, dan menyenangkan di hidung biasanya yang dipilih mereka. Mulai dari aroma jeruk, daun aras, dan jahe.

Usia 60Tidak ada parfum yang lebih ikonik dari Chanel No. 5 Eau Premi Re. Wanita di usia ini mengandalkan aroma yang begitu berkesan dan identik dengan wewangian masa lalu. Penciuman yang matang adalah cara ideal mereka memilih sebuah parfum.

Ridho Nugroho / PopSugar Beauty