Air Pipis Bayi Lebih Kuning di Pagi Hari

By nova.id, Jumat, 10 Oktober 2014 | 08:38 WIB
Air Pipis Bayi Lebih Kuning di Pagi Hari (nova.id)

Air Pipis Bayi Lebih Kuning di Pagi Hari (nova.id)

"Jangan terkejut ketika mengganti popok bayi di pagi hari (foto: BABYMED) "

TabloidNova.com - Jika diperhatikan, biasanya air pipis bayi lebih kuning di pagi hari. Apakah itu pertanda bayi Anda mengalami masalah kesehatan?

Ketika ingin memandikan bayi Anda di pagi hari, terlihat dari popoknya kalau air seninya lebih pekat dari biasanya. Jangan khawatir, ternyata hal itu normal.

Menurut dr Sudung O Pardede, SpA(K), dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, hal itu dikarenakan dua faktor. Yakni:

Pertama, puasa fisiologi. Maksudnya, selama tidur, bayi tidak makan dan minum sehingga cairan yang masuk dalam tubuh bayi sangat terbatas.

Kedua, selama bayi tertidur, air seni tertampung di dalam kandung kemih dalam waktu yang cukup lama.

Kedua hal di atas menyebabkan air seni yang keluar lebih pekat dari biasanya. Namun, jika setiap kali bayi buang air kecil dan  sir seninya selalu berwarna kuning pekat, ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter anak.

Bagaimana dengan masalah ngompol di malam hari? Ada beberapa ibu yang melarang anaknya agar tidak minum air putih sesaat sebelum tidur. Alasannya, untuk menghindari anak mengompol.

Ternyata itu hanya mitos. Meski tidak menyebutkan sumbernya, dokter spesialis anak ini menjelaskan bahwa ada penelitian yang meneliti hal ini dan hasilnya tidak ada hubungan antara anak yang minum sesaat sebelum tidur dengan mengompol.

Ester Sondang