Bagaimana Cara Paling Tepat untuk Mengatasi Gigi Berlubang?

By nova.id, Jumat, 6 Maret 2015 | 10:07 WIB
Bagaimana Cara Paling Tepat untuk Mengatasi Gigi Berlubang (nova.id)

Tabloidnova.com - Apakah Anda memiliki gigi-gigi yang berlubang? Menurut laporan sejumlah dokter gigi, banyak pasien yang datang ke tempat praktiknya tak menyadari mereka memiliki beberapa gigi berlubang.

Jika lubang pada gigi belum mengenai saraf gigi, kata ahli konservasi gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI), Dr Ratna Meidyawati, drg, SpKG (K), sakitnya memang belum terasa. Oleh karena itu, banyak yang tak sadar bahwa ada masalah pada gigi mereka.

Ratna menjelaskan, lubang gigi disebabkan oleh adanya pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri yang terdapat pada mulut akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam. "Asam inilah yang menyebabkan lingkungan di sekitar gigi menjadi asam," kata Ratna.

Selanjutnya, asam di lingkungan gigi ini yang pada akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi. Lubang kecil pada email ini kemudian dapat menjadi tempat ideal untuk berbagai sisa makanan bersarang.

"Ditambah adanya bakteri, akan membuat lubang pada gigi semakin besar hingga mencapai dentin. Jika dibiarkan, lubang akan menjadi lebih dalam hingga mengenai saraf dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada gigi," imbuh Ratna.

Lantas, apa cara yang paling tepat untuk mengatasi gigi berlubang? Ratna mengatakan, satu-satunya cara penanganan untuk gigi berlubang adalah dengan proses penambalan. "Tindakan penambalan gigi ini harus dilakukan sesuai indikasi dan mengikuti prosedur operational standar (SOP)."

Akan tetapi, lanjut Ratna, sebelum lubang pada gigi terjadi, sebaiknya jagalah selalu kebersihan dan kesehatan gigi dengan rajin menyikat gigi sesuai cara yang baik dan benar. Perhatikan juga pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, kurangi makanan yang mengandung gula tinggi.

Selain itu, Ratna mengatakan, "Jangan lupa untuk melakukan kunjungan secara berkala ke dokter  gigi, setiap enam bulan sekali. Dan gunakan selalu pasta gigi mengandung fluoride. Pasalnya, fluoride berfungsi untuk mengembalikan mineral yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula."

Intan Y. Septiani/ Tabloidnova.com