Ini yang Ideal: Minum Air Putih Tiap 2 Jam

By nova.id, Kamis, 17 Juli 2014 | 09:29 WIB
Ini yang Ideal Minum Air Putih Tiap 2 Jam (nova.id)

Ini yang Ideal Minum Air Putih Tiap 2 Jam (nova.id)

"Foto: Getty Images "

TabloidNova.com - Air merupakan komponen utama tubuh manusia. Pada pria dewasa, 55 - 60 persen berat tubuh adalah air, sementara pada perempuan dewasa, kandungan air berkisar antara 50 - 60 persen dari berat tubuh. Air memiliki fungsi penting dalam berbagai proses tubuh manusia, antara lain sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut, dan pelumas bantalan.

"Air ada di berbagai organ dan sel tubuh. Begitu organ tubuh kekurangan air, ia tidak akan berfungsi dengan baik dan memicu munculnya berbagai gangguan," kata Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc., dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, di acara media briefing di Jakarta beberapa waktu lalu. Jumlah air yang dibutuhkan tubuh, tambahnya, adalah tergantung jumlah air yang keluar. 

"Sebetulnya air yang keluar tanpa kita sadari pun banyak. Ada yang menguap dari kulit atau dari pernapasan. Apalagi kalau banyak beraktivitas fisik, cuaca panas, dan menggunakan pakaian tebal. Tentu semakin banyak lagi air yang keluar. Nah, air yang dikeluarkan ini harus diganti. Yang paling baik adalah dengan air putih."

Kebutuhan air tiap hariBerapa kebutuhan air setiap hari? Pada orang dewasa usia 19- 25 tahun yang aktif dan produktif, kebutuhan airnya sekitar 2.300 ml per hari untuk pria dan 2.000 ml per hari untuk perempuan. "Tentu tidak diminum sekaligus, tetapi setiap 2 jam misalnya. Bisa lebih dari itu, tapi tidak boleh sekaligus. Kan, kapasitas lambung terbatas," jelasnya. 

Terlalu banyak mengonsumi air sekaligus pun, lanjutnya, akan membuat bentuk sel terganggu dan bengkak. "Pasalnya, ini menyebabkan kadar natrium jadi rendah, kemudian bisa menyebabkan hilangnya kesadaran."

Pada buku Air Bagi Kesehatan edisi kedua disebutkan, kebutuhan air pada wanita hamil akan meningkat untuk mendukung sirkulasi janin, produksi cairan amnion, dan peningkatan volume darah. Kebutuhan air ibu hamil juga sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk aktivitas hingga suhu lingkungan tempat tinggal. Umumnya, dianjurkan meminum 8-10 gelas atau sekitar 2,3 liter per hari. 

Pada anak, kebutuhan airnya sekitar 800 cc - 1 liter per hari. Sementara bayi hingga usia 6 bulan sudah tercukupi dari ASI eksklusif. Menginjak usia 2 tahun, ASI menjadi selingan dan sisanya harus air putih. Untuk membiasakan anak minum air putih, "Ingat, anak jarang bilang 'haus', yang ada bilang 'lapar'.

Untuk itu, orangtua harus selalu mengingatkan anak. Misalnya, menyediakan air putih satu cangkir setiap satu jam. Dengan demikian, kebutuhan minum air putih 8 gelas sehari bisa terpenuhi sedikit demi sedikit.

Hasto Prianggoro