Nyaman dan Puas Belanja di Inacraft 2014

By nova.id, Kamis, 24 April 2014 | 00:33 WIB
Nyaman dan Puas Belanja di Inacraft 2014 (nova.id)

TabloidNova.com - Baru saja dibuka beberapa jam, area Jakarta Convention Center (JCC) sudah disesaki oleh ratusan pengunjung yang berburu aneka barang kerajinan tangan dari seluruh Indonesia. Mereka berburu busana, alat rumah tangga, produk fashion seperti tas dan sepatu, aksesori, suvenir, interior dan dekorasi, aneka batik dan tenun, hingga busana muslim di Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft).

Inacraft, yang berlangsung pada 23 - 27 April 2014 di Balai Sidang JCC, tahun ini mengangkat tema utama Kekayaan Warisan Budaya Jawa Tengah. Tak kurang dari  sekitar 1.500 peserta pameran yang merupakan industri rumahan atau UKM menggelar sejumlah kerajinan unik. Tak heran pameran ini selalu diburu pengunjung dalam dan luar negeri, seperti Jepang dan sejumlah pengunjung dari beberapa negara di Eropa.

Nah, agar bisa belanja dengan puas dan nyaman di Inacraft, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan:

1. Bawalah uang tunai secukupnya. Dengan membawa uang tunai Anda akan lebih mudah saat berbelanja di booth yang tidak menyediakan alat gesek kartu ATM atau kartu kredit. Sebab tidak semua booth menyediakannya. Hal ini juga untuk membatasi diri Anda agar tak terlalu banyak berbelanja barang yang tak perlu. Namun jika Anda masih memerlukan berbelanja barang yang cukup penting tapi sudah kehabisan uang, bisa menggunakan salah satu kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank yang kali ini bekerja sama dengan Inacraft. Biasanya, kerjasama ini menyediakan diskon khusus beberapa persen untuk beberapa barang yang ditawarkan.

2. Sebaiknya jangan membawa bayi atau anak kecil. Kendati area Balai Sidang JCC sangat luas, namun pada saat Inacraft ini hampir semua area dipakai untuk booth yang menjadi peserta pameran. Sehingga dengan begitu banyaknya pengunjung yang berbelanja, si kecil akan merasa tak nyaman saat berada di dalam area pameran. Sebaliknya, Anda pun tentu akan merasa kerepotan untuk menjaga si kecil sementara Anda ingin melihat-lihat banyak barang yang ada.

3. Jangan lupa membawa air mineral dalam tas. Di Inacraft biasanya sangat jarang terdapat booth yang menjual makanan dan minuman. Sebaiknya membawa air mineral dalam botol yang sudah Anda persiapkan dari rumah. Sehingga ketika Anda merasa haus setelah berjam-jam berkeliling area Balang Sidang, Anda akan selalu bisa minum kapan pun Anda haus. Atau, sebelum memasuki area Inacraft Anda sebaiknya makan dulu agar tidak kelaparan saat sibuk berbelanja.

4. Jangan ragu menawar. Meskipun di setiap booth tidak menawarkan atau menempelkan info diskon tertentu, sebaiknya tawar saja harga barang sebelum membeli. Biasanya para peserta Inacraft akan memberikan harga istimewa untuk pembelian barang lebih dari satu, atau diskon sekitar 10-20 persen untuk Anda yang memang berminat sekali untuk membelinya.

5. Mintalah kartu nama atau brosur dari peserta booth. Jika Anda belum sempat membeli barang yang diinginkan pada Inacraft kali ini, atau Anda berniat memesan kembali barang yang pernah Anda beli tapi dengan warna atau model yang berbeda, Anda bisa menghubungi kembali si pemilik booth. Oleh karena itu, menyimpan beberapa kartu nama atau brosur pesera pameran bisa menjadi nilai plus saat berkunjung ke acara-acara pameran seperti Inacraft.

Inacraft, yang sudah digelar untuk ke-16 kali ini merupakan kegiatan promosi produk kerajinan ke-14 dari Inacraft yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi.

Intan Y. Septiani