10 Langkah Penting Jelang Wawancara

By nova.id, Rabu, 7 Mei 2014 | 00:27 WIB
10 Langkah Penting Jelang Wawancara (nova.id)

Tabloidnova.com - Wawancara  merupakan salah satu proses penting bagi pencari kerja. Wawancara terkadang memicu perasaan gugup yang membuat otak sulit berkonsentrasi dan fokus pada persiapan yang harus dijalani. Dengan perencanaan yang baik, Anda bisa memulai peluang kesuksesan di kantor yang baru. Ikuti tips berikut.

Beberapa jam sebelum wawancara

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar kondisi prima saat wawancara kerja berlangsung. Mulailah dengan sarapan bergizi serta menu makanan yang bernutrisi. Selain itu, hindari mengonsumsi kafein di malam hari dan istirahat yang cukup serta tidur yang berkualitas sehingga tubuh akan merasa segar saat bangun di pagi hari.

Cek ramalan cuaca hari tersebut tiap satu jam sekali. Sehingga Anda bisa menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan jika cuaca ternyata tidak bersahabat, seperti payung, mantel hujan, dan sepatu yang cocok.

Alas kaki sangat penting, jadi pastikan sepasang sepatu yang akan Anda kenakan cocok dengan cuaca yang terjadi hari itu dan membuat Anda mudah untuk berjalan. Cocokkan sepatu dan kaos kaki dengan setelan yang akan dikenakan malam di sebelumnya. Buat kesan pertama Anda begitu memesona.

Siapkan satu kantong atau tas kecil dengan segala peralatan kebutuhan higienis. Mulai dari benang, peniti, deodoran ukuran kecil, cermin, dan beberapa alat makeup penting yang digunakan untuk touch-up. Sertakan, permen karet atau permen biasa rasa mint untuk menyegarkan aroma mulut saat akan memasuki ruangan wawancara.

Satu Jam Sebelum wawancara

Hubungi teman Anda, dan minta dia mengajukan beberapa pertanyaan singkat dan cepat, agar otak terlatih untuk menjawab pertanyaan dengan tepat. Hindari membicarakan soal wawancara kerja. Sebaliknya, fokus di karir atau topik yang sedang hangat dibicarakan dan Anda kuasai.

Simpan energi Anda untuk proses wawancara kerja. Tidak ada seorang pun yang ingin berbicara dengan seseorang yang terdengar lelah dan napas tersengal-sengal. Tenangkan diri Anda, karena perusahaan menginginkan karyawan yang antusias dan bersemangat. Dengarkan musik bertempo irama sedang sebagai penenang sebelum masuk ke ruangan.

Sesaat sebelum masuk ruangan

Matikan telepon genggam agar Anda dapat fokus dengan situasi di dalam ruangan dan pertanyaan yang diajukan tanpa terganggu dengan kabar di luar dari gadget Anda tersebut. Cara ini juga membuat Anda terlihat professional di depan pewawancara.

Minum air putih