Pancuran Bambu Gemercik Air Pembawa Ketenangan (2)

By nova.id, Kamis, 17 Maret 2011 | 17:01 WIB
Pancuran Bambu Gemercik Air Pembawa Ketenangan 2 (nova.id)

Mari Merakit Pancuran Bambu

Setelah semua bahan sudah siap, kini saatnya merakit pancuran bambu.

a. Ambil kedua kaki/alas dan kedua tiang belakang pancuran. Masukan masing-masing ujung tiang belakang ke dalam masing-masing salah satu lubang yang ada di alas pancuran (hingga masing-masing berbentuk huruf L). 

b. Lalu, ambil kedua tiang depan pancuran dan masukan masing-masing ke dalam lubang yang tersisa pada masing-masing alas pancuran (hingga masing-masing berbentuk huruf U).

c. Satukan keduanya berdampingan dan rekatkan dengan menggunakan pasak bambu (di bagian depan dan belakang) pada kedua sisi dalam alas pancuran. Beri jarak sebesar diameter bambu wadah.

Agar memudahkan perekatan, sebelum pasak dimasukkan, lubangi bambu dengan menggunakan paku besar atau bor tangan/mesin.

d.  Pasang wadah tengah di antara tiang belakang pada ketinggian 10 cm dengan menggunakan pasak. Kencangkan ikatannya dengan menambah pasak tepat di atas wadah tengah untuk menjaga kestabilannya, sehingga ketika air memenuhi wadah tengah, wadah tengah tidak bergoyang ke belakang akibat tekanan air.

e. Pasang wadah atas di antara tiang belakang pada ketinggian 3 cm dengan menggunakan pasak.

f. Pasang wadah bawah di antara tiang depan pada ketinggian 5 cm dengan menggunakan pasak.

g. Beri bantalan (bisa menggunakan potongan bambu, kayu, atau batu) di ujung belakang wadah bawah agar ketika bambu terisi penuh, wadah bisa "menunduk" dan mengeluarkan air.

h. Setelah itu, pasangkan kedua ujung selang masing-masing ke ke pompa aquarium dan bagian belakang wadah atas. Nyalakan mesin aquarium dan nikmati kesejukan dari pancuran bambu Anda.

Bahan dan Alatnya Mudah Di Dapat