Pilah-pilih Tanaman Taman Tegak

By nova.id, Senin, 3 Januari 2011 | 17:00 WIB
Pilah pilih Tanaman Taman Tegak (nova.id)

Pilah pilih Tanaman Taman Tegak (nova.id)
Pilah pilih Tanaman Taman Tegak (nova.id)

""

Pada dasarnya penanaman pada vertical garden tidak berbeda dengan pada lahan datar. Yang diperlukan adalah ruang tumbuh, cahaya matahari, air, dan nutrisi (pupuk). Asalkan terpenuhi maka tanaman pada vertical garden akan tumbuh secara optimal. Namun tidak semua jenis tanaman cocok ditanam pada vertical garden. Berikut pertimbangannya:

Bobot Tanaman 

Media vertical garden mempunyai keterbatasan daya dukung artinya tanaman yang mempunyai besar dan bobot yang berat tidak akan mampu ditunjang media tegak. Oleh karena itu pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu besar seperti: homalomena, drachena, jenis Phylodendron kecil dan lain-lain.

Kecepatan Tumbuh

Tanaman yang terlalu cepat tumbuh akan mendominasi ruang tumbuh, sehingga tanaman lainnya akan tertutupi dan pertumbuhannya terhambat, bahkan bisa mati.

Selain itu, tanaman yang pertumbuhannya cepat membutuhkan nutrisi yang banyak pula. Sehingga bila asupan hara kurang, maka kualitas penampilannya menurun.

Pilihlah tanaman-tanaman yang kecepatan tumbuhnya relatif sama sehingga tidak ada yang mendominasi ataupun tertinggal. Jenis tanaman yang tumbuhnya terlalu cepat antara lain: liana, kacang-kacangan, antanan dan ubi kuning.

Hindari Tanaman Rambat

Taman tegak merupakan perpaduan jenis tanaman yang memiliki harmoni, satu dan lainnya saling melengkapi dan menampilkan satu kesatuan taman.

Nah, meski banyak yang mengira, tanaman rambat pasti cocok di taman tegak, sebenarnya jenis tanaman ini malah tidak dianjurkan. Pasalnya, tanaman merambat mempunyai jangkauan area yang sangat luas dan pertumbuhannya sangat cepat. Akibatnya, tanaman tersebut bisa menutupi seluruh area sehingga kesan taman menjadi monoton dan tidak lebih dari rambatan tanaman hias.