Sekali-sekali, Cobalah Mengecat Dinding Sendiri

By nova.id, Sabtu, 28 Juni 2014 | 05:13 WIB
Sekali sekali Cobalah Mengecat Dinding Sendiri (nova.id)

TabloidNova.com - Meski kelihatannya sepele, mengecat adalah pekerjaan yang tak mudah. Menyerahkan ke ahlinya memang jadi solusi termudah. Tapi, kalau Anda bisa mengecat dinding sendiri, kenapa tidak? Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan lebih dulu percobaan kecil sebelum mengecat seluruh ruangan.

Cobalah mengecat dinding dengan berbagai warna. Tapi jangan banyak-banyak, cat saja beberapa kali. Padu padankan warna apa yang pas dan cocok dengan dinding. Tujuannya agar tidak mengulang mengecat jika warnanya tidak cocok.

Pindahkan frame foto, lukisan, atau aksesori ke ruangan yang aman. Tutup furnitur dan lantai dengan kain atau kertas koran. Jangan menutup lantai menggunakan plastik karena licin dan berbahaya saat Anda memakai tangga.

Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum mengecat, mulai dari nampan cat, kuas, rol, pengaduk cat, pembuka kaleng, kain, thinner, obeng, palu, dan tangga. Belilah baki plastik sekali pakai dengan harga murah.  

Hitung berapa banyak cat yang dibutuhkan agar tidak terlalu banyak membeli atau kekurangan cat. Pilihlah rol dan sikat yang sesuai dengan bagian yang akan dicat. Tentu saja semua tergantung cat dan jenis dinding yang akan dicat.

Pakailah pakaian yang sesuai saat mengecat, dan sepatu anti selip untuk memudahkan akses masuk dan keluar ruangan. Bisa saja cat mengenai baju Anda sehingga sulit dibersihkan. Pakailah baju lama Anda, jadi saat ingin mengecat kembali Anda bisa memakainya kembali. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda tak bisa langsung satu kali mengecat. Pasti Anda butuh beberapa kali polesan. Sisa cat bisa Anda simpan di kaleng bekas margarin atau makanan bayi yang sudah dibersihkan dulu sebelumnya. Berikan tulisan warna dan merek cat. Setelah dipakai, simpan dan letakkan kuas di tempat yang gampang dijangkau.

Noverita K. Waldan