Formula Kulit Tubuh

By nova.id, Rabu, 10 Oktober 2012 | 23:54 WIB
Formula Kulit Tubuh (nova.id)

Formula Kulit Tubuh (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto/NOVA "

Semua pelembap tubuh (moisturizer) dibuat dengan karakteristik tersendiri sehingga memiliki kombinasi air, tipe minyak, dan emolien (pengencer) yang berbeda satu sama lainnya. Untuk mendapatkan yang  terbaik, pilih pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit. Oleh sebab itu, Anda harus mengenali seberapa kering kulit tubuh, iklim tempat tinggal, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembap.

Secara garis besar, ada tiga jenis pelembap tubuh yang kini beredar di pasaran. Agar dapat memilih dengan tepat jenis pelembap mana yang paling sesuai dengan kulit Anda, ada baiknya kenali dulu jenis pelembap yang ada di bawah ini.

Body Lotion

Body Lotion merupakan yang paling cair dibandingkan dengan pelembap lainnya. Lotion yang baik adalah tidak terlalu greasy (berminyak) saat digunakan dan dapat menyerap dengan cepat saat dioleskan di kulit. Lotion merupakan pilihan paling tepat jika Anda ingin mengoleskan pada seluruh tubuh. Karena bentuknya ringan dan tidak meninggalkan residu, lotion bisa digunakan di pagi hari tanpa perlu khawatir bisa menempel di pakaian. Lotion juga sangat baik digunakan untuk Anda yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah.

Body Butter

Body butter memiliki tekstur yang sangat kental mirip­ margarin atau mente­ga. Hal tersebut karena body butter me­miliki kadar  minyak sa­ngat tinggi. Biasanya body butter memiliki kandungan shea butter, cocoa butter, dan coconut butter.

Body butter sangat baik jika dioleskan di daerah yang amat kering dan cenderung­ pecah seperti sikut, lutut, dan­ tumit. Body butter sangat disarankan untuk ibu ha­mil, dioleskan pada area pe­rut, pinggang, dan paha un­tuk mencegah timbulnya stretchmark akibat kehamilan.­ Untuk menghindari ceceran residu yang amat berminyak dan bisa menempel ke mana-mana, lebih baik gunakan bo­dy butter di malam hari.

Body Cream

Body cream bentuknya lebih pekat dibanding lotion dan mengandung lebih banyak minyak pelembap. Krim tubuh (body cream) ini paling baik digunakan di kulit yang paling kering, seperti lengan dan kaki, yang tak memiliki banyak kelenjar minyak ketimbang dada dan punggung. Jika ada jerawat di dada dan punggung artinya kulit Anda memiliki minyak alami yang cukup. Jadi hindari penggunaan krim di daerah ini. Gunakan krim jika Anda menemukan ada kulit yang mengelupas karena kering meski sudah menggunakan lotion.

Anda mungkin perlu juga menggunakan krim yang lebih pekat jika cuaca makin dingin atau sedang bepergian ke daerah kering. Untuk mengunci kelembapan, gunakan krim tubuh segera setelah mandi.

Tips Memilih Pelembap: