Perawatan Kulit Berkerut

By nova.id, Kamis, 27 September 2012 | 23:36 WIB
Perawatan Kulit Berkerut (nova.id)

Dok, usia saya telah melewati 35 tahun nih, kira-kira perawatan apa yang cocok di usia saya ini? Saya ingin tampak lebih muda, apa yang harus saya lakukan untuk menjaga kulit saya supaya terlihat cerah dan fresh? Kerutan saya sudah mulai terlihat pastinya, tapi saya tidak mau kerutan itu tambah parah dan banyak. Bagimana caranya ya, dok? Ditunggu jawabannya. Terimakasih. 

SISKA-BEKASI

Kulit cerah bersinar dan sehat, tidaklah harus pudar di saat Anda memasuki usia 35 tahun. Jika Anda proaktif terhadap perawatan, Anda dapat "mengembalikan waktu" dengan tampilan kulit muda seperti saat Anda berada di usia 20 tahunan. Dengan diet yang sehat dan sedikit waktu lebih, kulit indah akan kembali menjadi milik Anda.

Pada usia 35+ tahun, Anda mungkin akan mengalami beberapa perubahan kondisi kulit yang tak terelakkan seiring dengan bertambahnya usia. Perubahan tersebut meliputi munculnya kerut, kulit tampak kendur, pucat, terlihat kurus, bintik-bintik cokelat sebagai tanda penuaan (age spot) dan hidrasi kulit yang mulai berkurang. Kulit keriput dan kendur terjadi karena berkurangnya produksi kolagen dan elastin (suatu protein yang berfungsi memberikan elastisitas), kekencangan dan kekuatan pada kulit.

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit, perubahan pigmen, seperti bintik-bintik cokelat dan pertumbuhan kulit non-kanker (seperti tahi lalat). Hal ini yang lazim disebut penuaan dini (extrinsic aging/ photoaging). Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit, dan wanita di atas usia 35 tahun dalam zona peningkatan resiko ini. Efek lain dari paparan sinar matahari adalah kulit yang kasar atau kering. Karena alasan itulah, Anda harus memakai tabir surya misalnya SPF 30 atau lebih tinggi di semua kondisi cuaca. Selain itu, cobalah untuk membatasi paparan sinar matahari dari pukul 10:00-15:00, ketika paparan sinar ultraviolet sangat kuat.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan segar, antara lain:

Konsumsi makanan untuk kesehatan dan kecantikan Kulit.

Makanan tertentu dapat membantu melawan gejala penuaan kulit. Alpukat dan telur, misalnya membantu memperbaiki kulit yang kering dengan kandungan biotinnya. Tomat juga dipercaya membantu memperlambat proses penuaan karena tomat merupakan sumber yang kaya likopen dan carotenoids. Ini adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang merusak sel, termasuk sel-sel kulit Anda. Cobalah buah delima untuk membantu meningkatkan produksi kolagen, dan konsumsi salmon untuk memenuhi kebutuhan carotenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan astaxanthin yang mengurangi garis-garis halus.

Perawatan

Anda sebaiknya mengambil keputusan untuk rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan, misalnya, chemical peeling dapat membantu menghilangkan sel kulit mati pada permukaan kulit Anda, sehingga kulit segar dan tampak terlihat lebih muda. Anda juga "wajib' menggunakan pelembap setiap harinya dan krim nutrisi untuk malam harinya. Semua program perawatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit atau dokter estetik sesuai kebutuhan dan kondisi kulit Anda, karena perawatan yang terbaik adalah perawatan yang khusus sesuai kebutuhan.

Gaya hidup

Pemilihan produk perawatan sangat mempengaruhi kondisi dan kualitas kulit Anda. Jadilah konsumen yang cermat, jangan mudah terbuai iklan. Selain itu gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan tidur larut malam akan mengurangi kecantikan kulit Anda. Zat dalam rokok dapat mengurangi asupan oksigen yang diperlukan untuk memberi nutrisi bagi kulit selain itu dapat merusak kolagen dan elastin yang mempercepat timbulnya kerut. Jadi stop merokok!