Andrew Andika Terlanjur Cinta Indonesia

By nova.id, Sabtu, 11 Juli 2009 | 17:07 WIB
Andrew Andika Terlanjur Cinta Indonesia (nova.id)

Andrew Andika Terlanjur Cinta Indonesia (nova.id)

"Andrew Andika (Foto : Herman Harsoyo) "

Ketika Andrew masih kuliah di Bandung (2004), seorang teman minta diantar ke Jakarta. Maksud sang teman, untuk ikut kasting bintang iklan. Tak disangka, malah Andrew yang "dipaksa" ikut kasting oleh penyelenggara dan terpilih menjadi bintang iklan produk cokelat.

Dari situ hidup Andrew berubah. Tawaran iklan membanjir. Nyaris setahun ia bolak-balik Bandung-Jakarta. "Tapi lumayan, aku jadi punya penghasilan. Aku juga menghabiskan uang Rp 2 juta untuk traktir teman-teman," cerita finalis model Majalah Kawanku.

Tak cuma iklan, banyak PH meminangnya main sinetron. Debutnya adalah sinetron Bintang di Surga. Di mana Andrew belajar akting? "Cuma otodidak. Mungut ilmu dari sutradara dan pemain senior," selorohnya yang dipuji oleh banyak lawan mainnya karena punya keinginan keras dan mau belajar.

Hasilnya, hingga kini lebih dari 15 sinetron dibintanginya. Diantaranya, Izinkan Aku Berlebaran Sekali Lagi, Cinta Fitri season 2, Pacar Khayalan dan Tasbih Cinta. Sayang, karier mulus tak sejalan dengan kuliahnya di Fakultas Komunikasi Universitas Padjadjaran yang terpaksa drop out. "Tapi aku enggak menyesal. Karena ke depannya, aku ingin serius di dunia entertainment. Ingin jadi produser, ha ha ha."

Sebetulnya jalan Andrew di dunia hiburan tak selalu mulus. Ayahnya, Brian Peter, yang berkebangsaan Amerika sempat tak mendukung. "Papa ingin aku sukses secara akademis." Adalah sang mama, Aty Fiscter, yang mendukung bakat seni anaknya, sampai akhirnya lama-kelamaan hati sang papa luluh.

Kini, dari hasil jerih payahnya, "Aku sudah bisa beli rumah, mobil dan tabungan." Itu, katanya, berkat jasa mamanya yang menjadi manajernya. Sebelum sang mama ikut terlibat mengelola penghasilannya, Andrew sempat terbawa gaya hidup hura-hura. "Narkoba sih enggak, tapi aku suka beli ini itu. Gonta-ganti handphone, lah. Uang hasil syuting stripping aku ambilin, nyaris puluhan juta ludes. Sekarang sih kalau butuh uang minta ke Mama, dia yang atur," ungkapnya yang sempat tinggal di Amerika.

Bukan "Cinlok"

Di tahun ini nama Andrew bersinar setelah membintangi sinetron Terlanjur Cinta bersama Ririn Dwi Aryanti, Niken Anjani, Zaskia Sungkar dan Arthur Brotolaras.

Kabarnya, gara-gara sinetron ini Andrew memiliki hubungan khusus dengan Niken, pemeran Salimar. Sudah tiga bulan syuting bareng, mereka saling memberi perhatian dan tak sungkan memperlihatkan rasa sayangnya di lokasi.

Apakah Andrew terkena "cinlok"? "Kalau dibilang cinta lokasi dengan Niken, tidak juga sih. Sebab, sejak melihat akting Niken di televisi aku sudah suka sama dia. Dan aku beharap suatu ketika bisa ketemu dengan dia. Eh, enggak tahunya, malah bisa satu sinetron, satu frame sama dia," buka Andrew tanpa malu-malu.