Ridho Rhoma, Magnet Sang Pangeran Dangdut

By nova.id, Sabtu, 16 Mei 2009 | 17:27 WIB
Ridho Rhoma Magnet Sang Pangeran Dangdut (nova.id)

Ridho Rhoma Magnet Sang Pangeran Dangdut (nova.id)

""

Kemunculan Muhammad Ridho Rhoma di panggung hiburan cukup mengejutkan. Sang Bapak, Rhoma Irama, pertama kali memperkenalkan Ridho di penghujung tahun 2007 lalu di panggung hiburan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kala itu, Rhoma mempromosikan Ridho sebagai anaknya, dan bakal menjadi penerusnya.

"Maaf, bila ada yang tersinggung. Ridho kami sebut Pangeran Dangdut, karena ayahnya disebut-sebut banyak orang sebagai Raja Dangdut. Ha ha ha," ujar Rhoma bangga. Ridho yang berada di sisi Rhoma hanya tersipu malu. "Gelar Pangeran Dangdut berpulang kepada penilaian masyarakat. Saya hanya akan fokus di karier," timpal Ridho.

Terlepas dari itu semua, Ridho menyimpan misteri soal asal-usulnya. Mengenai siapa ibu kandung Ridho, Rhoma hanya menjawab enteng, "Ridho anak dari ibu (istri) yang lain."

Dari informasi yang diperoleh, Ridho adalah anak Rhoma dari wanita bernama Marwah Ali. Marwah adalah kakak penyanyi dangdut Intan Ali. Mungkin karena Marwah bukan berasal dari selebriti, pernikahannya dengan Rhoma tak menjadi "gegap gempita", seperti ketika Raja Dangdut itu menikahi Rica Rachim atau Angel Lelga.

Tak seperti Deby Rhoma Irama dan Vicky Rhoma Irama (anak Rhoma dari alm. Veronica), Ridho seperti sengaja "disembunyikan". Ridho dipupuk dan dibimbing terlebih dahulu oleh Rhoma, sampai akhirnya matang, siap tampil sebagai pedangdut. Hasilnya, Ridho seperti titisan Rhoma saat di atas pentas. Suara Ridho semerdu bapaknya, perawakannya pun serupa.

Merasa Masih Kecil

Rhoma tak salah berharap besar pada Ridho. Di tahun 2009 ini nama Ridho Rhoma melambung tinggi berkat lagu Menunggu karya Rhoma dari album perdananya. Sebagai bukti, Ridho bersama grupnya, Sonet 2 Band, berhasil meraih 2 penghargaan di AMI Awards 2009 lalu. Pertama untuk katagori Grup Band Dangdut Kontemporer Terbaik untuk lagu Menunggu. Kedua, Aransemen Dangdut Kontemporer Terbaik.

Ridho bersyukur dan tak menyangka kesuksesan datang begitu cepat. Kehidupannya pun mulai berubah. Kebebasannya berkurang karena banyak orang mengeluk-elukannya, terutama kaum hawa. Salah satunya Cathy Sharon, VJ-MTV berwajah Indo. Cathy sempat dibuat salah tingkah, ketika Ridho muncul secara tiba-tiba di acara yang dibawakannya.

Cathy mengaku mengagumi Ridho karena suara dan ketampanannya. Kendati tersanjung, Ridho tak mau sombong. Ia menilai kekaguman Cathy sebagai motivasi buatnya untuk berkarier lebih baik. Lebih dari itu, Ridho belum berpikir untuk berpacaran dengan Cathy. "Cathy lebih dewasa buat saya. Saya, kan, masih kecil," kata Ridho.

Sejauh ini, Ridho cukup menikmati popularitasnya. Cuma, ia berharap tidak ditimpa gosip yang tak menyenangkan. "Berita tentang saya masih dapat ditoleransi. Saya masih menghargai kerja teman wartawan. Tetapi, kalau sifatnya sudah memfitnah, saya kira ada jalurnya," ujar Ridho yang enggan diwawancarai mengenai orangtuanya. "Soal Ibu dan Papa, tanyakan saja ke Papa," imbuhnya.