Go Green dari Kubikel Anda (1)

By nova.id, Rabu, 8 Juli 2009 | 17:09 WIB
Go Green dari Kubikel Anda 1 (nova.id)

Go Green dari Kubikel Anda 1 (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadillah/NOVA "

Masyarakat dunia lalu berlomba meneriakkan kampanye "Go Green". Mengajak semua umat manusia untuk peduli akan nasib bumi tercinta ini. Termasuk Anda, marilah berpartisipasi dalam lingkup yang paling kecil dulu. Salah satunya, ya di tempat kerja. Mulailah dari diri sendiri. Dari kubikel (meja kerja) Anda sendiri. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak saja hal-hal berikut yang dapat Anda lakukan untuk mendukung menyelamatkan planet bumi ini!

Hemat Kertas Dalam urusan kerja, penggunaan kertas tampaknya tak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari, layaknya Anda membutuhkan makan untuk mengisi perut. Seolah wajib hukumnya untuk menggunakan kertas demi menunjang pekerjaan sehari-hari. Misalnya saja untuk membuat laporan kepada atasan, mempersiapkan materi pertemuan dan rapat mingguan di kantor. Sudah barang tentu Anda akan mencetak semua hasil laporan dan materi tadi di kertas, bukan?

Bila Anda bekerja di dunia penjualan atau sales dan marketing, yang mengharuskan Anda melakukan kegiatan presentasi kepada klien, dapat dipastikan Anda akan membutuhkan banyak kertas untuk mencetak sekian lembar proposal. Belum lagi, bila bekerja di bagian keuangan, di mana bagian ini seringkali menggunakan banyak kertas sebagai tanda bukti laporan pemasukan-pengeluaran-pembayaran vendor-gaji pegawai, dan lainnya.

Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan secara individual adalah memiliki terlebih dahulu kesadaran untuk berhemat menggunakan kertas. Bila tidak perlu mencetaknya di atas kertas, lebih baik tidak usah. Gunakan saja kertas bekas yang sudah tak terpakai lagi untuk Anda gunakan.

Usahakan agar Anda mempersiapkan terlebih dahulu materi presentasi yang Anda perlukan sebagai draft agar tak perlu mengulang kesalahan yang mengakibatkan terbuangnya kertas secara percuma. Dengan begitu, Anda telah berhemat. Ingat, pilah dulu pekerjaan apa saja yang memerlukan kertas dan yang tidak.

Bawa & Gunakan Alat Makan Sendiri Bila di kantor tersedia gelas-gelas plastik, piring plastik, ata sendok-sendok plastik untuk digunakan sebagai peralatan makan-minum sehari hari di saat bekerja, mulailah untuk tidak menggunakannya lagi. Hilangkan kebiasaan menggunakan barang-barang plastik sekali pakai tadi.