Agar Dapur Kecil Terasa Lega

By nova.id, Selasa, 19 Juni 2012 | 23:18 WIB
Agar Dapur Kecil Terasa Lega (nova.id)

Agar Dapur Kecil Terasa Lega (nova.id)

"Dok. Nova "

Tantangan yang kini dihadapi, menjadikan dapur tetap nyaman dan lega tanpa harus membongkar dinding. Ini dapat saja diupayakan dengan merencanakan meja dapur, pusat ruangan, meja sarapan, area mencuci piring, pembuangan sampah serta membeli lemari dapur built in. Lemari built in patut dijadikan pilihan karena memiliki kapasitas penyimpanan lebih dari penampilannya.

Melakukan perombakan ruang dapur untuk mendapatkan kelegaan dalam aktivitas memasak, menghidangkan dan makan lebih masuk akal ketimbang Anda harus membeli rumah baru dengan dapur yang lebih besar. Terimalah kenyataan jika dapur Anda terlalu kecil.

Sebenarnya masih ada banyak cara mengubah ruangan dapur yang kecil dengan trik-trik cerdas.

BUAT LEBIH SEDERHANA

Jika Anda berpikir dapur terlalu kecil untuk begaya? Tidak demikian adanya. Dibutuhkan daya kreativitas yang benar-benar tinggi untuk menggunakan elemen yang dapat memaksimalkan ruang. Pertama, Anda perlu mengkalkulasi beberapa perangkat yang memakan tempat di dapur. Ganti beberapa perangkat dengan yang lebih ramping, seperti, kulkas, kompor, dan microwave. Tidak perlu memiliki kompor dengan empat pembakar, cukup dua saja.

 Jika dapur Anda dilengkapi dengan wastafel bak ganda, coba gantikan dengan wastafel bak tunggal.

MENYINGKIRKAN BARANG

Cara lain untuk menambahkan lebih banyak ruang untuk dapur kecil, dengan menyingkirkan lemari gantung. Jika Anda ingin mngorganisir isi dapur, pertimbangkan untuk menginstal rak gantung terbuka sehingga ruang tampak lebih luas. Selain itu, rak gantung terbuka memungkinkan Anda melihat barang yang sedang disimpan. Anda juga bisa memamerkan beberapa koleksi keramik Cina atau gelas impor menarik, serta piring aneka warna dari rak gantung. Inilah kelebihan rak gantung disbanding lemari gantung. Lemari gantung kerapkali sulit di akses dan berkesan berat.

DESAIN LANTAI

  Hanya karena dapur Anda mungkin kecil, tidak harus didesain membosankan. Pertimbangkan mencampur sedikit pilihan bahan yang berbeda. Pilih skema warna unik atau berani.

Pertimbangkan memilih lantai dengan warna ceria, serta material meja dan lemari senada.Tambahkan backsplash (dinding antara wastafel dengan rak/lemari gantung, red.) dengan warna yang cerah dan unik sehingga focus akan berailh pada bgaian yang menarik. Menambahkan desain warna yang unik atau kombinasi warna yang berani juga menyingkirkan fakta terlalu banyak detail arsitektur di dalam dapur mungil Anda.  Tak lupa, mainkan pencahayaan cerah menciptakan dapur berkesan menyenangkan sekaligus fungsional.