Yuk, Membuat Masker Sesuai Jenis Kulit!

By nova.id, Minggu, 14 September 2014 | 16:22 WIB
Yuk Membuat Masker Sesuai Jenis Kulit (nova.id)

Yuk Membuat Masker Sesuai Jenis Kulit (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbathully / NOVA "

Tak sulit, kok, mendapatkan masker terbaik untuk wajah. Bahan-bahan perawatan kecantikan itu ada di sekitar kita dan mudah didapat. Berikut cara membuat masker sendiri sesuai jenis kulit.

PisangJenis Kulit: BerminyakKulit berminyak maupun berjerawat yang lebih terlihat di T-zone alias area dahi, hidung, dan dagu, dapat dibantu dengan kandungan dari pisang.

Cara Membuat:1. Siapkan satu buah pisang matang, dua sendok makan madu, dan perasan lemon yang bisa diganti dengan jeruk.2. Kemudian, lumatkan pisang dan madu menggunakan blender.3. Setelah kedua bahan cukup lembut, masukkan perasan air dari setengah buah lemon atau jeruk.4. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas masker dengan handuk dingin atau handuk hangat.

Avokad dan WortelJenis Kulit: KeringKulit kering akan terasa kencang, terutama setelah dibersihkan. Pemilik jenis kulit ini umumnya rentan mengalami kerutan halus, mengelupas, dan kemerahan. Jika terjadi penumpukan sel kulit mati, kulit kering pun akan nampak kusam. Kombinasi avokad dan wortel dapat digunakan untuk merawat jenis kulit ini.

Cara Membuat:1. Siapkan satu buah wortel, lalu kupas dan rebus hingga lunak. Siapkan juga setengah buah avokad yang sudah matang, satu sendok makan madu, setengah sendok makan minyak zaitun extra virgin, satu sendok teh air perasan lemon, dan 1 buah kuning telur .2. Hancurkan wortel dengan garpu atau blender hingga menjadi bubur. Tambahkan alpukat dan lembutkan kembali. Tambahkan madu, air perasan lemon, dan kuning telur lalu aduk rata.3. Balurkan di wajah yang telah dibersihkan, diamkan hingga 15 menit. Lalu, bersihkan masker dengan handuk hangat dan keringkan wajah.4. Jangan lupa oleskan pelembap setelah bermasker.

Bunga Mawar

Jenis Kulit: KombinasiSekitar 70 persen lebih wanita memiliki jenis kulit kombinasi. Kulit jenis ini ditandai dengan T-zone yang berminyak dan bagian pipi yang cenderung kering. Masker berbahan bunga mawar sangat cocok untuk kulit jenis ini.

Cara Membuat:1. Siapkan 6 kelopak bunga mawar segar, 2 sendok makan air mawar, 1 sendok makan yogurt alami (tidak dingin dan bukan jenis low fat), 1 sendok makan madu cair yang telah dihangatkan dalam microwave beberapa detik.2. Rendam kelopak mawar lalu lumatkan dalam mangkuk. Tambahkan air mawar, yogurt, dan madu.3. Aplikasikan ke wajah dan diamkan selama sekitar 10 menit. Lalu bilas dengan handuk dingin atau hangat. Kenakan pelembap sesuai jenis kulit setelah bermasker.

Laili Damayanti

Model: Sylvia, Make Up: Puri 081294472196, Foto: Fadoli Barbathully / NOVA