16 Cara Detoks Sederhana yang Bisa Dilakukan Setiap Hari (1)

By nova.id, Selasa, 24 Juni 2014 | 07:39 WIB
16 Cara Detoks Sederhana yang Bisa Dilakukan Setiap Hari 1 (nova.id)

16 Cara Detoks Sederhana yang Bisa Dilakukan Setiap Hari 1 (nova.id)

"(image: CARE2.com) "

TabloidNova.com - Tak selamanya usaha untuk mempersehat tubuh dan mempertahankan bentuk tubuh menjadi usaha yang menyiksa. Bagaimanapun juga, kita adalah manusia yang sesekali pastinya ingin menikmati hidupnya sepantasnya, dengan melakukan hal yang menyenangkan. Begitu pula jika Anda ingin mencoba menjalani ritual detoks. Tak selamanya detoks harus menyiksa dan membatasi Anda dari banyak jenis makanan atau minuman dan juga kegiatan yang menyenangkan.

Kuncinya terletak di  pemilihan bahan makanan dan minuman. Setiap hari, setiap orang bisa melakukan detoks yang sederhana. Detoks harian ini bisa membantu tubuh dengan memberikan asupan gizi yang tepat dan memperhatikan bagian tubuh yang tepat pula. Dan daripada melakukan detoks instan dalam waktu cepat dan menyiksa, ada baiknya mencermati trik detoks harian yang sederhana ini yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut cara detoks sederhana yang bisa dilakukan setiap hari:

1. Minum air lemon hangat. Mulailah proses detoks harian Anda di pagi hari dengan meminum satu gelas air hangat dengan lemon dan cayenne.

2. Jus dingin dan segar. Minumlah jus dalam kondisi perut kosong. Hal itu akan membantu tubuh menyerap nutrisi dari jus dengan lebih mudah. Pilihan jus yang bisa dikonsumsi antara lain campuran lemon, kale, bayam dan jahe.

3. Konsumsi teh detoks. Jangan lupa selalu menyempatkan diri meminum teh yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Cermati kemasannya dan pilihlah teh yang memiliki bahan dasar jahe atau akar dandelion.

4. Tambahkan cuka apel. Selain banyak kegunaan lain yang dimiliki cuka apel, bahan makanan ini bisa membantu membersihkan hati dari racun-racun. Lebih baik kalau Anda memilih cuka apel yang berbahan dasar organik.

5. Makan manakan dan suplemen detoks. Seperti yang diketahui, hati dan ginjal berfungsi sebagai filter bagi tubuh, karena itu mereka butuh "dibersihkan" dengan mengkonsumsi bahan makanan seperti peterseli, cilantro, cayenne, kunyit, paprika merah, bawang putih, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, bit dan gandum.

6. Makan makanan "bersih". Hindari bahan makanan yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi seperti tuna dan sarden. Ingat, semakin besar ukuran ikan, maka kandungan merkurinya pun akan semakin tinggi. Hindari pula semua bahan makanan yang sudah diproses.

7. Usahakan untuk berkeringat. Keringat sangat penting untuk proses pelepasan racun dalam tubuh. Sauna bisa jadi pilihan yang bagus bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Mengikuti kelas yoga bikram juga disarankan.

Yetta Angelina