Jangan Mengonsumsi Obat Kimia dan Obat Herbal Bersamaan

By nova.id, Selasa, 24 Juni 2014 | 05:21 WIB
Jangan Mengonsumsi Obat Kimia dan Obat Herbal Bersamaan (nova.id)

TabloidNova.com - Agar obat yang kita konsumsi lebih dapat mempercepat penyembuhan,ada hal-hal yang perlu kita lakukan. Pertama, tahu obat yang cocok untuk kita, disiplin mengonsumsinya, dan selalu mencatat obat apa yang pernah kita konsumsi.

Selama masa pengobatan, kita juga harus memonitor zat apa saja yang kita konsumsi dan bercampur dalam tubuh kita. Pasalnya, antara obat satu dengan lainnya bisa saja memberi reaksi yang berbeda.

Atas alasan ini pula, Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt,  Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi obat dari dua sumber yang berbeda. Dokter atau farmasis harus mengetahui apa saja obat yang dikonsumsi oleh pasien.

Sama halnya ketika pasien mengonsumsi obat kimia bersamaan dengan obat herbal. Nurul Falah menjelaskan, saat mengonsumsi obat kimia, maka senyawa aktif farmasi akan langsung menuju reseptor yang dikeluhkan. Sementara obat herbal lebih berfungsi untuk menormalkan zat-zat yang ada.

"Meski demikian, saat sedang mengonsumsi obat kimia, sebaiknya hentikan dahulu obat herbalnya. Pasalnya, khawatir ada campuran bahan kimia yang akan menimbulkan reaksi lain dalam obat tersebut," sarannya.

Annelis Brilian