Kelapa: Tua atau Muda, Semua Bermanfaat

By nova.id, Senin, 30 September 2013 | 00:30 WIB
Kelapa Tua atau Muda Semua Bermanfaat (nova.id)

Kelapa Tua atau Muda Semua Bermanfaat (nova.id)

"FOTO: WAKEUP-WORLD "

Kelapa memang menakjubkan, sebab setiap bagiannya bisa dimanfaatkan. Sabutnya bisa dipakai sebagai kuas, keset, tali, dan pembersih kerak di panci atau wajan. Bahkan, orang Padang memanfaatkan kelapa sebagai pengganti arang untuk membakar ikan dan daging.

Tentu saja, bagian dari kelapa yang paling sering digunakan untuk memasak adalah dagingnya. Kelapa muda yang berdaging lembut biasanya dibuat sebagai es kelapa muda. Ada pula kelapa setengah tua yang dagingnya agak keras namun lebih cocok diparut dan dipakai sebagai taburan kue tradisional.

Terakhir, kelapa tua untuk santan. Rasanya, santan jarang absen dari resep-resep masakan khas Indonesia. Menurut Sri, saat memarut kelapa tua, Anda tak usah mengupas kulitnya supaya masakan bertambah gurih. Setelah itu, siapkan air panas di wadah, lalu masukkan parutan santan ke dalamnya. Di wadah lain yang sudah diberi saringan, peras santan. Inilah yang dinamakan santan kental. Untuk mendapatkan santan encer, proses santan yang sudah diperas tadi dengan cara diblender.

Selanjutnya, simpan santan di wadah tertutup di dalam kulkas dan bukan di freezer. Ingat, ya, kesegaran santan hanya bisa bertahan selama 48 jam. Bila santan mulai mengendap ke bagian atas wadah, cukup aduk atau kocok supaya tercampur rata kembali.

Astrid Isnawati