Trik Mengisi Kamar Tidur

By nova.id, Selasa, 15 Mei 2012 | 23:27 WIB
Trik Mengisi Kamar Tidur (nova.id)

Trik Mengisi Kamar Tidur (nova.id)
Trik Mengisi Kamar Tidur (nova.id)
Trik Mengisi Kamar Tidur (nova.id)

"Matras airbed paling banyak ditemukan di pasaran. "

Sebelum Membeli

 Kenyamanan Matras yang mampu membuai Anda hingga terlelap dengan nyaman dan aman mempunyai permukaan matras yang lembut, cukup lentur saat menopang tubuh, dan Anda dapat menyesuaikan kontur tubuh saat berbaring. Jadi, jangan ragu merasakan langsung "isi" matras.

 Penopang Penopang matras yang tidak berkualitas akan membuat tidur tak nyaman. Materialnya bermacam-macam, sesuai tingkatannya. Ada yang cukup solid atau firm, ada juga yang empuk (extra firm).

Nah, tanda penopang matras berkualitas baik adalah bentuk tubuh tidak serta merta berubah saat berdiri. Posisi dan postur tubuh justru tetap stabil secara alamiah, terutama di bagian tubuh yang paling berat seperti bahu, pinggul, dan punggung. Bila Anda merasakan nyeri punggung, leher atau bahu, kemungkinan besar disebabkan oleh penopang matras sudah kendur dan pelentur matras sudah tidak berfungsi dengan baik. Cirinya, terdapat tonjolan pada permukaan matras pada saat Anda meletakkan tubuh di atasnya.

 Ketahanan Meski matras biasanya mampu bertahan 15 - 20 tahun, sangat disarankan untuk mengganti matras setelah 7 tahun digunakan. Apalagi garansi yang diberikan produsen bukan penentu ketahanan pemakaian matras. Garansi hanya berguna untuk melindungi atau mengganti matras dari kerusakan produk, bukan yang disebabkan oleh masa pemakaian.

 Ruang Pada saat tidur, kita kerap berganti posisi tanpa sadar. Oleh karena itu, Anda memerlukan ruang yang cukup di atas matras yang dapat menampung seluruh gerakan saat tidur dan tetap merasa nyaman. Bila satu matras digunakan untuk dua orang, pastikan memilih matras double berukuran King atau Queen.

Ukuran Tempat Tidur

Memilih tempat tidur sama mudahnya dengan merancang kamar tidur. Namun sebelum membeli, kenali dulu tipe-tipe tempat tidur, terutama kualitas matrasnya. Pasalnya jenis tempat tidur yang tepat akan memberikan dampak positif bagi kualitas tidur.

Ukuran tempat tidur sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berdasarkan standarnya, ukuran tersebut terdiri dari tipe single yang berukuran 80x200 cm sampai jenis double. Jenis ini terbagi dua yaitu Queen yang berukuran 160x200 cm, dan King yang berukuran 180x200cm. Tempat tidur jenis King ini bisa digunakan oleh dua orang. Ada juga jenis twin bed alias dua tempat tidur ukuran single untuk dua orang pengguna yang tidur terpisah namun kepala tempat tidur menjadi satu.