Pria Ini Bertahan di Reruntuhan Gempa Nepal karena Minum Urine

By nova.id, Rabu, 29 April 2015 | 12:19 WIB
Pria Ini Bertahan di Reruntuhan Gempa Nepal karena Minum Urine (nova.id)

Tabloidnova.com - Seorang pria bernama Rishi Khanal (27), berhasil diselamatkan Selasa (28/04/2015) lalu dari puing-puing robohan hotel. Menurut sumber, Khanal yang sudah terjebak selama 82 jam mengaku berhasil bertahan hidup di reruntuhan gempa Nepal karena minum urine sendiri.

Ia bercerita, saat gempa terjadi, ia baru saja selesai makan siang di sebuah hotel tiga tingkat di Gangabu, Kathmandu. Tiba-tiba, ia merasakan getaran saat menuju ke lantai dua. Kakinya tersangkut dan dirinya tertimpa batu tembok.

Selama terjebak, ia sudah yakin tidak akan ada yang menyelamatkannya dan percaya bahwa ia akan mati di sana. Ia menggambarkan sekitarnya yang penuh dengan mayat serta bau tak enak.

"Saya masih optimistis (untuk diselamatkan) tapi kemarin (27/04/2015) saya sudah mulai menyerah. Kuku saya sudah memutih dan bibir saya pecah-pecah," akunya, kepada The Telegraph.

"Tidak ada yang bisa dimakan dan diminum, jadi saya minum urine saya,"

Namun, pria yang bertahan hidup di reruntuhan gempa Nepal karena minum urine ini tetap memberi sinyal dengan memukul puing-puing, sampai ada yang merespons dan segera menolongnya. Akhirnya, regu penyelamat dari Perancis langsung mengeluarkannya.

Proses pertolongannya sendiri berlangsung selama lima jam. Setelah mendapat pertolongan, Khanal mengaku merasa lega dan bersyukur telah bebas. Menurut dokter, kaki Khanal mengalami patah akibat kejadian tersebut.

Sementara itu, pencarian korban terus dilakukan, menurut petugas penyelamatan. Pengarahan sudah dilakukan kepada tim operasi pencarian dan menyatakan sedang berfokus dalam pencarian korban tewas.

Tenaga tim pencarian dari luar negeri yang terkumpul termasuk dari Jerman, Prancis, Jepang, Malaysia, dan Tiongkok.

Ruth Vania Christine/Tribunnews.com