5 Hal Mengasuh Anak Kembar

By nova.id, Jumat, 5 April 2013 | 00:58 WIB
5 Hal Mengasuh Anak Kembar (nova.id)

5 Hal Mengasuh Anak Kembar (nova.id)

"Ilustrasi "

Jika Anda salah satu orangtua dari anak kembar, coba perhatikan tips mengasuh buah hati berikut:

1. Perlakuan Personal

Memakaikan baju yang sama pada Si Kembar memang terlihat lucu. Akan tetapi, apabila dalam segala hal Anda berupaya menyeragamkan keduanya, bisa-bisa buah hati tak bisa memiliki rasa memiliki terhadap diri sendiri.

Sesama saudara kembar memang seolah "sepaket" karena memiliki bonding yang begitu kuat. Sampai-sampai, terkadang orangtua lupa bahwa Si Kembar sesungguhnya adalah dua individu yang berbeda. Poin pertama dalam mengasuh anak kembar adalah mengerti bahwa keduanya (atau lebih) sebenarnya memiliki karakter, minat, dan keinginan yang berbeda.

2.  Minta Bantuan

Mengurus anak, khususnya yang masih bayi, memang membutuhkan perjuangan ekstra. Apalagi bila buah hati kembar. Sebut saja, segala yang Anda lakukan harus dikalikan dua. Jika demikian, jangan ragu atau malu untuk meminta bantuan karena Anda memang pantas mendapatkannya. Bagaimana pun, seorang ibu butuh istirahat yang cukup juga, lho.

3. Pisah Sejenak

Meski keduanya tampak senang seklai menghabiskan waktu bermain bersama, akan tetapi Si Kembar juga membutuhkan waktunya sendiri-sendiri, lho. Mereka tak harus melakukan semua hal bersama-sama. Sesekali, mereka perlu tidak bersama dengan kembarannya dengan tujuan membentuk karakter masing-masing.

Termasuk, membutuhkan perhatian penuh dari Anda. Jadi, sesekali coba ajak salah satu buah hati untuk bermain ke luar rumah, dan biarkan saudara satunya menghabiskan waktu bersama Sang Ayah.

4. Dukung Perbedaan

Jangan membandingkan, pahami masing-masing anak sebagai dirinya sendiri dan dukung ia untuk mendalami apa yang diminati. Kemudian, pastikan juga keduanya dapat meraih apa yang masing-masing inginkan.