Antusiasme Masyarakat Indonesia Peringati "Earth Hour" & Padamkan Lampu 1 Jam

By nova.id, Senin, 30 Maret 2015 | 22:12 WIB
Antusiasme Masyarakat Indonesia Peringati Earth Hour Padamkan Lampu 1 Jam (nova.id)

Tabloidnova.com - Kampanye "Earth Hour" yang setiap tahun diperingati dengan memadamkan lampu dan listrik selama satu jam pada tanggal 28 Maret lalu, telah dilaksanakan oleh sebagian besar masyarakat dunia, di tanggal dan waktu yang sama, yakni mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Kendati demikian, tetap saja peringatan Earth Hour ini tak bisa serempak dilakukan, mengingat ada selisih waktu antara pulau dan negara. Maka dari itu, hingga Minggu (29/3) siang pukul 14.00 WIB, perbincangan mengenai Earth Hour masih terlihat ramai di sejumlah media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Dan menjelang peringatan Earth Hour, selama sepekan ini terpantau sudah ada lebih dari 306 ribu percakapan terkait Earth Hour di Ttwitter dan 6.200-an unggahan di Facebook.

Puncak tweet terjadi pada Sabtu tanggal 28 Maret, tepat di hari peringatan Earth Hour, dengan tercatat ada sebanyak 163 ribu-an lebih tweets, sedangkan terdapat 128 ribu-an tweets di hari Minggu (29/3) ini.

Pada hari "H" Earth Hour, percakapan paling ramai terjadi pada pukul 19.00 hingga 19.59 WIB. Dan selama satu jam saat seluruh warga dunia memadamkan lampu berlangsung, terpantau masih ada yang menuliskan status di akun media sosial. Ditemukan sebanyak 17 ribuan tweets, baik itu mention, tweet, maupun ReTweet.

Uniknya, di antara sejumlah tweet bernada antusias atau positif terkait Earth Hour, ada pula yang yang ikut menanggapi secara negatif soal kampanye ini.

Di antaranya yang negatif ini men-tweet secara satir bahwa sebagian provinsi di Indonesia tak perlu ikut Earth Hour lantaran sudah kerap mengalami pemadaman bergilir dari perusahaan listri negara (PLN).

@Miss_Koyo: "eike lagi ikutan earth hour, gelap2an drtd, tpi kompi masih nyala... lol."

@atyshakira: "Sorry earth, I forgot about the earth hour."

@Sabithi: "Guys! Earth Hour is happening now! Switch off some unnecesarry lights around you and show some support J RT! #EarthHour."  

@kaeshaaa: "COOLEST EARTH HOUR EVER!"

@Daniell_MIJFC: "Hotel Surabaya padamkan listrik peringati Earth Hour."