Memilih Klinik Kecantikan

By nova.id, Sabtu, 2 Juni 2012 | 00:32 WIB
Memilih Klinik Kecantikan (nova.id)

Dokter, saya ada beberapa pertanyaan:1. Bagaimana cara memilih klinik kecantikan yang tepat?2. Bagaimana juga cara membedakan konsultan klinik kecantikan yang asli dan palsu?3. Persyaratan apa yang diperlukan untuk sebuah klinik kecantikan yang baik?

Terima kasih sebelumnya ya, dok.

Wulan-Bandung

Di zaman sekarang ini banyak sekali klinik kecantikan yang bermunculan, tetapi hanya sedikit yang memenuhi persyaratan sebagai klinik kecantikan yang layak untuk memberikan pelayanan yang baik.

Hati-hati jika Anda hendak akan melakukan perawatan di klinik kecantikan, jangan sampai Anda tertipu. Tidak asing lagi jika sekarang banyak ditemukan dokter palsu. Banyak pula yang mengaku-ngaku sebagai dokter ahli, padahal bukan. Dan parahnya lagi, dokter palsu pun berani melakukan tindakan medis yang asal-asalan dan berakibat buruk bagi pasien.

Adapun persyaratan yang diperlukan untuk sebuah klinik kecantikan yang baik, di antaranya:

1. Konsultan (Consultant)

a. Klinik kecantikan yang baik haruslah mempunyai konsultan yang dapat memberikan solusi bagi setiap problem yang dialami oleh setiap pasiennya.

b. Konsultan sebaiknya merupakan dokter yang ahli di bidang estetika ataupun bidang penunjang lainnya. Misalkan akupunktur, dan lain-lain.

c. Konsultan ini seharusnya dilengkapi dengan surat izin praktik dan data kelengkapan lain yang legalitasnya disahkan oleh pemerintah, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, konsumen mendapat kepastian perundangan. Hati-hati saat ini banyak yang mengaku 'dokter' atau 'ahli' tanpa disertai bukti apapun. Konsultan ahli sesuai dengan kapasitasnya merupakan 'sahabat' bagi setiap klien, dapat memberikan saran dan motivasi bagi setiap klien untuk mencapai apa yang diharapkan.

2. Ada dua pengertian mengenai tempat.

a. Tempat/lokasi (Location)Tempat yang strategis merupakan faktor utama untuk memudahkan pasien dapat mencapai lokasi klinik untuk mendapatkan perawatan.